Show simple item record

dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.advisorLATHIF, Misno A
dc.contributor.authorRAHAYU, Putri Intan
dc.date.accessioned2018-12-28T03:04:12Z
dc.date.available2018-12-28T03:04:12Z
dc.date.issued2018-12-27
dc.identifier.nim140210205020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89247
dc.description.abstractBanyak aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini yaitu perkembangan moral agama, bahasa, kognitif, sosial emosional, fisik motorik dan seni. Anak usia dini memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda, perkembangan kognitif setiap anak dapat dipengaruhi oleh faktor keluarga dan faktor lingkungan anak. Mengingat pentingnya perkembangan kognitif anak usia dini, guru maupun orang tua harus mengetahui permainan yang tepat untuk mengembangkan kognitif anak. Banyak sekali media yang dapat digunakan untuk merangsang perkembangan kognitif anak usia dini. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media puzzle buah angka. Permainan puzzle untuk anak usia dini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, tingkat kesulitannya disesuaikan dengan usia anak. Menggunakan media pembelajaran puzzle buah angka, diharapkan anak mampu memahami angka dan warna dengan baik, dan dapat menstimulasi konsentrasi anak dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik juga dapat meningkatkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran, dengan begitu akan lebih mudah mengembangkan kognitif anak. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah Pengaruh Permainan Puzzle Buah Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A TK AL HIDAYAH 75 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Permainan Puzzle Buah Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A TK AL HIDAYAH 75 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola penelitian quasi eksperimental yang menggunakan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK AL HIDAYAH 75 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan metode tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitin ini ada tiga, yaitu analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2018 hingga 02 Juni 2018 dengan jumlah pertemuan sebanyak 8 kali pertemuan. Kegiatan tersebut meliputi; pemberian pretest kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, pemberian treatment yang berbeda kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta pemberian posttest kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan setelah dilakukan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan puzzle buah angka terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK AL HIDYAH 75 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember tahun ajaran 2017/2018, karena hasil perhitungan uji t menunjukkan angka sebesar 5,352 apabila dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan N 36 yang besarnya 2,033 maka dinyatakan thitung > ttabel yaitu 5,352 > 2,033. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru hendaknya menggunakan berbagai media pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif anak serta dapat meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Sebagai acuan untuk membuat bahan penelitian dengan media yang sama tentang pengenalan konsep angka dengan menggunakan media puzzle tiruan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectKemampuan Kognitifen_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.titlePengaruh Permainan Puzzle Buah Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Di TK Al Hidayah 75 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2017/2018en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record