Show simple item record

dc.contributor.advisorLATHIF, Misno A
dc.contributor.advisorSAPUTRI, Senny Weyara Dienda
dc.contributor.authorHASANAH, Noviatun
dc.date.accessioned2018-12-27T06:32:05Z
dc.date.available2018-12-27T06:32:05Z
dc.date.issued2018-12-27
dc.identifier.nim14021020058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89232
dc.description.abstractPendidikan anak usia dini memiliki beberapa aspek perkembangan yang salah satunya ialah perkembangan sosial anak. Salah satu bentuk perkembangan sosial anak ialah kemampuan berinteraksi. Anak usia Taman Kanak-Kanak atau kelompok anak usia 4-6 tahun merupakan kelompok usia anak yang sudah dapat diamati tingkat kemampuan berinteraksinya. Namun tidak semua anak usia Taman Kanak-kanak memiliki kemampuan berinteraksi sosial yang baik. Anak yang berusia sama dan berada pada lingkungan sekolah atau tempat tinggal yang sama bahkan menunjukkan kemampuan berinteraksi yang berbeda. Permasalahan kemampuan berinteraksi anak semacam ini bukan hanya merupakan tanggung jawab guru atau lembaga sekolah semata, namun terdapat juga peran serta lingkungan terdekat anak dalam membentuk diri anak. Salah satu lingkungan terdekat yang paling memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak ialah keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Adakah pengaruh pola komunikasi dalam keluarga terhadap kemampuan berinteraksi anak kelompok B TK Kartika IV-73 Jember?”. Tujuan yang ingin dicapai ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola komunikasi dalam keluarga terhadap kemampuan berinteraksi anak kelompok B TK Kartika IV-73 Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan Kausal Komparatif yang dilakukan selama 2 minggu di TK Kartika IV-73 Jember dengan jumlah responden sebanyak 48. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh kesimpulan penelitian ialan uji t-test. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan observasi untuk memperoleh data utama, serta dokumentasi untuk memperoleh data pendukung. Uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan kelayakan instrumen penelitian dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tanggul. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh pola komunikasi dalam keluarga terhadap kemampuan berinteraksi anak Kelompok B TK Kartika IV-73 Jember. Kesimpulan tersebut diperoleh hasil perhitungan tempirik sebesar 3,897. Jika dikonsultasikan dengan ttabel dengan derajat kebebasan (d.b) sebesar 23, maka tempirik > 1,714, yakni 3,894 > 1,714. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh pola komunikasi dalam keluarga terhadap kemampuan berinteraksi anak Kelompok B TK Kartika IV-73 Jember. Berdasarkan perhitungan tersebut, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis yang memperoleh kseimpulan bahwa Hipotesis alternatif (H1) diterima dan Hipotesis nihil (H0) ditolak. Kemudian setelah dilakukan analisis lanjutan untuk melihat keefektifan relatif pengaruh pola komunikasi dalam keluarga terhadap kemampuan berinteraksi anak diperoleh hasil keefektifan yang relatif rendah yakni sebesar 13%. Selain itu pemaparan mengenai pengaruh masing-masing pola komunikasi (Stimulus-Respons dan Interaksional) terhadap kemampuan berinteraksi anak menunjukkan perbedaan dimana anak yang dibesarkan dengan pola komunikasi Interaksional cenderung menunjukkan kemampuan berinteraksi lebih baik daripadan anak yang dibesarkan dengan pola komunikasi Stimulus-Respons. Hal tersebut ditunjukkan melalui persentase kemampuan berinteraksi anak yang dibesarkan dengan pola komunikasi Interaksional menunjukkan kategori “Sangat Baik” sebesar 70,8% sementara anak yang dibesarkan dengan pola komunikasi Stimulus-Respons menunjukkan kategori “Sangat Baik” sebesar 45,8%. Hasil analisis tersebut kemudian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pola komunikasi dalam keluarga terhadap kemampuan berinteraksi anak kelompok B TK Kartika IV-73 Jember. Kemudian saran yang dapat diberikan untuk orang tua maupun calon orang tua diharapkan mampu memilih dan memilah pola komunikasi yang terbaik yang dapat diterapkan dalam keluarganya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.subjectPola Asuh Anaken_US
dc.subjectKomunikasi keluargaen_US
dc.titlePengaruh Pola Komunikasi dalam Keluarga terhadap Kemampuan Berinteraksi Anak Kelompok B TK Kartika IV-73 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record