Show simple item record

dc.contributor.advisorHENDRAWIJAYA, AT
dc.contributor.advisorFAJARWATI, Linda
dc.contributor.authorSRI, Miftah Dini Sulas
dc.date.accessioned2018-12-26T07:11:19Z
dc.date.available2018-12-26T07:11:19Z
dc.date.issued2018-12-26
dc.identifier.nim140210201034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89207
dc.description.abstractSetiap individu saat ini dituntut untuk dapat memiliki keterampilan agar dapat bersaing dalam dunia kerja. Namun kenyataannya masih banyak individu yang berasumsi bahwa dalam persaingan dunia kerja hanya membutuhkan pendidikan yang tinggi tanpa adanya soft skill atau keterampilan lain. Sehingga banyak individu tanpa memiliki keterampilan yang justru kebingungan dalam mencari kerja. Namun banyak individu yang memiliki keterampilan tidak mampu untuk menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapainya, sehingga ia tidak mampu mengambil keputusan bagi dirinya sendiri. Hal tersebut muncul akibat kurangnya pengalaman, maka sangat perlu untuk adanya suatu latihan atau praktek dimana dalam hal tersebut tidak hanya melibatkan aspek psikomotorik saja namun melibatkan aspek kognitif, yang nantinya dapat memunculkan inisiatif dan sikap mandiri dalam diri individu. Ketika seorang individu bertanggung jawab untuk merencanakan, memulai dan melaksanakan pembelajarannya sendiri maka perilaku tersebut dapat disebut sebagai Self Direction. Dimana Self Direction merupakan sebuah proses individu mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain, dan dalam prosesnya dilakukan dengan menyadari kebutuhan sendiri dalam belajar, mengatur tujuan hidup, membuat keputusan pada sumber belajar dan strategi belajar, serta menilai hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembentukan Self Direction melalui pembelajaran metode praktek pada pelatihan otomotif di UPT pelatihan Kerja Jember. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan teknik Purposive Area, adapun lokasi penelitian dilakukan di UPT pelatihan Kerja Jember. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik Snowball Sampling, dimana peserta dan instruktur pelatihan otomotif sebagai informan kunci, sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini yakni Kepala Bagian Humas UPT Pelatihan Kerja Jember dan alumni pelatihan otomotif tahun 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, peningkatan pengamatan, dan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk narasi dan dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yang dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pembentukan Self Direction pada peserta pelatihan melalui pembelajaran metode praktek. Dimana peserta memiliki kesiapan belajar dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan selama pelatihan, peserta mampu memahami proses pembelajaran yang dilakukannya, peserta juga mengerti akan kekurangannya dan kesulitan yang dihadapinya, ketika peserta mengalami kesulitan selama proses pembelajaran maka hal tersebut dapat menumbuhkan inisiatif peserta. Selama proses pembelajaran yang dilakukan peserta diberikan tugas untuk mempraktekkan secara langsung materi yang diperoleh dan peserta mampu mengerjakan tugas yang diberikan secara mandiri. Setelah mengikuti proses pelatihan peserta mampu menentukan tujuan yang akan dicapai, selain itu peserta mengaplikasikan materi pelatihan untuk bekerja di bidang otomotif, maupun menjadikannya sebagai peluang untuk berwirausaha. Kesimpulan dari hasil penelitian yakni proses pelatihan yang dilakukan dapat membentuk kemampuan mengarahkan diri bagi peserta. Selama proses pembelajaran peserta diberikan tugas yang harus dikerjakan secara mandiri, ketika mengalami kesulitan dalam pembelajaran hal tersebut dapat memunculkan inisiatif peserta, selain itu peserta mampu menentukan tujuan yang akan dicapai setelah mengikuti pelatihan, dan mampu mengaplikasikan hasil pelatihan dalam bekerja maupun berwirausaha. Adapun saran bagi Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Jember untuk mampu mengembangkan sistem pembelajaran yang diterapkan. Dan bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa dapat melakukan penelitian terkait media pembelajaran yang digunakan dalam proses pelatihan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode pembelajaranen_US
dc.subjectSelf Directionen_US
dc.subjectMetode Prakteken_US
dc.subjectPelatihan Otomotifen_US
dc.titlePembentukan Self Direction Melalui Pembelajaran Metode Praktek pada Pelatihan Otomotif di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record