Show simple item record

dc.contributor.authorIta Mahmudiyah
dc.date.accessioned2013-09-04T05:41:58Z
dc.date.available2013-09-04T05:41:58Z
dc.date.issued2013-09-04
dc.identifier.nimNIM070210101111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/888
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru matematika kelas VII SMP Negeri 14 Jember, metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah. Pembelajaran tersebut masih berorientasi pada guru yaitu guru menerangkan dan siswa hanya mendengarkan saja. Selain itu siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Karena kurangnya partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar siswa di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal). Dari hasil observasi didapatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII-A masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh data kelas, yakni 20,36% siswa dari 8 siswa yang dikatakan tuntas dan 79,64% atau 30 orang siswa yang tidak tuntas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran matematika yang diharap dapat memenuhi hal tersebut adalah pembelajaran matematika realistik. Tujan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran matematika realistik, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan belah ketupat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 14 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dimulai pada tanggal 12 Januari 2012 sampai dengan 02 Februari 2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan belah ketupat kelas VII SMP Negeri 14 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dilaksanakan langkah-langkah yang disesuaikan dengan pembelajaran matematika realistik yaitu (1) memahami masalah kontkstual, (2) menjelaskan masalah kontekstual, (3) menyelesaikan masalah kontekstual, (4) membandingkan jawaban siswa, dan (5) menyimpulkan. Dalam pelaksanaannya terdapat kekurangan pada pembelajaran pertama dam pembelajaran kedua. Pada pembelajaran pertama guru tidak dapat menjalankan skenario pembelajaran secara optimal, karena siswa kurang terbiasa dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Karena keterbatasan waktu pembelajaran pertama belum terselesaikan sehingga dilanjutkan pada pembelajaran kedua. Pada pembelajaran kedua, guru kurang membimbing siswa pada saat kerja kelompok karena pembelajaran 2 merupakan lanjutan dari pembelajaran 1 akibatnya aktivitas siswa dalam matematisasi konseptual dan dalam membuat model menjadi rendah. Sedangkan pada pembelajaran 3 dan 4 aktivitas guru sudah mencapai kriteria sangat aktif yaitu sebesar 95,83% sehingga menjadikan persentase semua aktivitas siswa termasuk kriteria aktif. Semakin meningkatnya aktivitas siswa dari pembelajaran I hingga pembelajaran IV dikarenakan siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa siklus I, secara klasikal sebesar 36,84% dan semakin meningkat di siklus II menjadi 73,68%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika realistik cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi belah ketupat. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar matematika di kelas pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101111;
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIKen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SUB POKOK BAHASAN BELAH KETUPAT KELAS VII SMP NEGERI 14 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record