Show simple item record

dc.contributor.authorSitti Ramlah
dc.date.accessioned2013-12-14T05:48:16Z
dc.date.available2013-12-14T05:48:16Z
dc.date.issued2013-12-14
dc.identifier.nimNIM070210274058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8884
dc.description.abstractPendidikan merupakan masalah yang komplit dan komplek. Oleh karena itu digunakan beberapa pendekatan dan metode penyajian dalam pencapaian tujuan pendidikan semaksimal mungkin. Pendidikan juga memiliki dua unsur penting, yaitu unsur pendidik dan anak didik, anak didik di sini merupakan subjek penting dari pendidikan, anak didik harus senantiasa aktif dalam memanfaatkan sepenuhnya lingkungan pendidikannya. Penerapan metode menulis puisi melalui pendekatan emotif dengan menggunakan media gambar merupakan suatu metode dalam belajar mengajar yang bertujuan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajarnya, agar siswa dapat mencapai tujuan pendidikan secara umum dengan baik. Adapun tujuan dari penulisan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan pembelajaran bahasa indonesia pokok bahasan menulis puisi untuk siswa kelas V SDN Klampar I Kecamtan Proppo Kab. Pamekasan. 2) Untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran bahasa dengan pokok bahasan menulis puisi di SDN Klampar I. 3) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran bahasa dengan bahasan menulis puisi. Jumlah. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klampar I Kecamatan Proppo Pamekasan di mana jumlah subyek penelitian adalah sebanyak 35 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan siswa. Penelitiannya adalah penelitian 2 siklus, siklus I dilaksanakan hari senin tanggal 1 Februari 2010 sedangkan siklus 2 di lakukan pada Rabu tanggal 24 Februari 2010. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Klampar I Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Sedangkan data yang diperoleh berupa aktifitas siswa, guru dan tes individu. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa persentase selama pembelajaran menulis puisi melalui pendekatan emotif dengan menggunakan media gambar adalah; pada siklus I persentase hasil aktivitas dengan keriteria baik sebesar (42.9%), siklus II, jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 27 siswa (77.1%) dan yang iv v memperoleh nilai tidak tuntas sebanyak 8 siswa. Maka berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 90%. Disimpulkan bahwa penerapan pendekatan emotif dengan menggunakan media gambar memberikan dampak positif bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Klampar I Proppo Pamekasan pada materi menulis puisi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274058;
dc.subjectPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS, PENDEKATAN EMOTIF, MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN EMOTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN KLAMPAR I KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record