dc.description.abstract | Kesulitan siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran IPS
dikarenakan metode yang digunakan guru cenderung monoton yaitu ceramah dan
penugasan. Juga anggapan siswa mengenai materi pembelajaran IPS yang bersifat
hafalan saja. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran yang ditunjukkan dengan berbicara sendiri dengan teman sebangkunya
dan cenderung bosan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini membuat hasil belajar
siswa kurang dari standart ketuntasan yang ditentukan.
Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan metode permainan dengan
bantuan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Pecoro 01 Kecamatan
Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Pengambilan data dalam
penelitian ini dilaksanakan di SDN Pecoro 01 Kecamatan Rambipuji, dimulai pada
tanggal 21 April 2010 sampai tanggal 05 Mei 2010, subyek penelitian adalah siswa
kelas III dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes,
wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa
terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama siklus
I dan II, jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
x
Hasil analisis pada aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa selama
pembelajaran IPS pada siklus I yaitu aktivitas guru mencapai 67%, aktivitas siswa
mencapai 54,1% dengan kriteria cukup aktif,dan hasil belajar siswa 64,3%. Pada
siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 94%, aktivitas siswa meningkat menjadi
71,4% dengan kriteria aktif, dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,6% .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan metode permainan
dengan bantuan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Pecoro 01 Kecamatan
Rambipuji Kabupaten Jember berjalan dengan baik dan membuat siswa senang,
antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran (2) pembelajaran IPS dengan
menggunakan metode permainan dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan
aktifitas siswa dari siklus I mencapai 54,1% dengan kriteria cukup aktif, kemudian
mengalami peningkatan17,3% menjadi 71,4% dengan kriteria aktif, (3) ketuntasan
hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64,3% mengalami
peningkatan pada siklus II sebesar 14,3% menjadi 78,6%. sehingga pembelajaran
dianggap sudah tuntas. | en_US |