Show simple item record

dc.contributor.authorRENI RESIANA
dc.date.accessioned2013-12-14T05:28:46Z
dc.date.available2013-12-14T05:28:46Z
dc.date.issued2013-12-14
dc.identifier.nimNIM080210204216
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8877
dc.description.abstractPada kenyataannya, materi bilangan pecahan menjadi sumber kesulitan bagi anak-anak, khususnya bagi siswa kelas III SDN Glundengan 03 Wuluhan. Hal ini, terbukti melalui hasil ulangan siswa kelas III SDN Glundengan 03 Wuluhan pada pokok bahasan bilangan pecahan pada tahun ajaran 2009/2010 yang masih rendah yaitu diperoleh nilai rata-rata 65. Hal itu, dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya menggunakan metode ceramah diselingi tanya jawab dan penugasan saja sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan akibatnya hasil belajar siswa tudak tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan melatih siswa berpikir untuk menemukan sendiri suatu konsep. Salah satunya dengan menerapkan teori Bruner. Teori Bruner menyajikan tiga tahapan dalam proses pembelajaran untuk siswa yaitu tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik. Dengan menerapkan teori Bruner akan membuat siswa untuk berpikir lebih kreatif dan menemukan sendiri suatu konsep atau pengetahuan dari suatu materi yang diajarkan karena dalam teori Bruner memberikan kesempatan kepada siswa untuk memanipulasi benda konkret atau situasi nyata dalam memahami suatu konsep matematika. Berdasarkan uraian di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan teori Bruner. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Glundengan 03 semester genap tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 20 anak yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam ix penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan model Hopkins yaitu model skema yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: metode dokumentasi, metode wawancara, metode observasi dan metode tes. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal. Penelitian ini dilakukan tanggal 10-13 Mei 2010 untuk melaksanakan siklus I dan tanggal 18-20 Mei 2010 untuk melaksanakan siklus II. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari tes akhir pada siklus I, maka diketahui bahwa prosentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 70 %, dimana 14 siswa dapat dikatakan tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan teori Bruner pada pokok bahasan bilangan pecahan pada siklus I masih belum dapat menuntaskan belajar siswa. Sedangkan, prosentase ketuntasan belajar secara klasikal siklus II adalah 90%, dimana 18 siswa dapat dikatakan tuntas dan 2 siswa yang belum tuntas. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan teori Bruner pada pokok bahasan bilangan pecahan pada siklus II dapat menuntaskan belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari tes akhir, ketuntasan belajar siswa siklus II lebih baik daripada ketuntasan belajar siswa siklus I. Dari uraian di atas, terlihat bahwa hasil tes akhir pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90 % sehingga pembelajaran dengan menerapkan teori Bruner pada pokok bahasan bilangan pecahan pada siklus II dapat menuntaskan belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menerapkan teori Bruner pada pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dan memudahkan siswa dalam memahami konsep bilangan pecahan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204216;
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKA, TEORI BRUNERen_US
dc.titlePEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS III SDN GLUNDENGAN O3 KECAMATAN WULUHAN TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record