Show simple item record

dc.contributor.authorMOHAMMAD SUBAIRI
dc.date.accessioned2013-12-14T03:04:17Z
dc.date.available2013-12-14T03:04:17Z
dc.date.issued2013-12-14
dc.identifier.nimNIM070210274065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8844
dc.description.abstractPembelajaran Bahsasa Indonesia di SD banyak yang bertujuan hanya untuk mencapai target kurikulum, selain itu guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Bahasa Indonesia dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan kartu kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun kalimat sederhana, 2) mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran menggunakan kartu kata, pokok bahasan menyusun kalimat sederhana 3) dan mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun kalimat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tampojung Guwa Waru Pamekasan Kelas IV yang terdiri dari 20 siswa, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 01 April 2010 sampai 29 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tampojung Guwa Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan Media kartu kata adalah: pada siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar 70,75 dan meningkat menjadi 72,5 pada siklus 2. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 70% dengan jumlah siswa tuntas 14 orang siswa, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 85% dengan jumlah siswa tuntas 17 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menyusun kalimat dengan menggunakan media kartu kata. Selain itu juga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, dan memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274065;
dc.subjectKARTU KATA, PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.titlePENGGUNAAN KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record