Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHANDONO, Trapsilo
dc.contributor.advisorSUDARTI
dc.contributor.authorJUWARIYAH, Siti
dc.date.accessioned2018-11-22T03:14:23Z
dc.date.available2018-11-22T03:14:23Z
dc.date.issued2018-11-22
dc.identifier.nimNIM140210102095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88406
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa masih banyak siswa MAN 6 Jombang yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal fisika materi listrik. Adapun persentase Kesalahan Terjemah siswa MAN 6 Jombang sebesar 42,88% yang berarti kategori kesalahan sedang. Penyebab Kesalahan Terjemah siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam membaca soal, tidak terbiasa menuliskan data-data yang diketahui dan ditanyakan pada soal, tidak mengerti maksud yang ditanyakan pada soal, tidak teliti dalam mengkonversikan satuan, terbiasa untuk menjawab soal tanpa mengkonversikan ke satuan SI, dan siswa tidak mengetahui tulisan dari satuan yang digunakan. Adapun persentase Kesalahan Konsep siswa MAN 6 Jombang sebesar 54,51% yang berarti kategori kesalahan sedang. Penyebab Kesalahan Konsep siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak membaca petunjuk pengerjaan soal, tidak teliti dalam membaca soal, tidak memahami materi, dan tidak mengetahui maksud soal. Adapun persentase Kesalahan Strategi siswa MAN 6 Jombang sebesar 15,88% yang berarti kategori kesalahan rendah. Penyebab Kesalahan Strategi siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam menjawab soal yang diberikan, tidak memahami maksud soal, tidak teliti membaca dan memahami soal, tidak memahami maksud soal, tidak mengetahui langkah akhir penyelesaian. Adapun persentase Kesalahan Hitung siswa MAN 6 Jombang sebesar 1,76% yang berarti kategori kesalahan sangat rendah. Penyebab Kesalahan Hitung siswa MAN 6 Jombang yaitu siswa tidak teliti dalam melakukan operasi hitung. Hasil penelitian yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa peresentase kesalahan paling tinggi yang dilakukan siswa MAN 6 Jombang adalah Kesalahan Konsep yaitu sebesar 51,18%, sedangkan persentase kesalahan paling rendah adalah Kesalahan Hitung yaitu sebesar 1,76%. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu guru dapat mengetahui letak kesalahan siswa, sehingga guru dapat segera memberikan penanganan yang tepat dan mengurangi kesalahan siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102095;
dc.subjectKesalahan Siswaen_US
dc.subjectMateri Listrik Statisen_US
dc.titleAnalisis Jenis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Listrik Statis di MAN 6 Jombangen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record