Show simple item record

dc.contributor.authorAHMAD FAQIH
dc.date.accessioned2013-12-14T02:33:02Z
dc.date.available2013-12-14T02:33:02Z
dc.date.issued2013-12-14
dc.identifier.nimNIM070210274062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8832
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi menunjukan bahwa pembelajaran matematika di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang mononton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan metode discovery dengan pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam penerapan metode discovery dengaan pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika realistik pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SDN Sumber Waru 03 kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan yang terdiri 25 siswa pada tanggal 15 dan 22 Maret 2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan / implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi dengan kriteria keberhasilan minimal rata-rata aktivitas siswa 70 %, aktivitas guru 80 %, ketuntasan belajar siswa 80 %.Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 58 %, aktivitas guru 79,5 % dan hasil ketuntasan belajar siswa masih sebesar 68 %. Karena indikator keberhasilan masih belum tercapai, maka perlu dilanjutkan dalam siklus II, dan hasilnya aktivitas siswa meningkat menjadi 72 %, aktivitas guru 83,3 % dan ketuntasan belajar siswa 92 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui implementasi metode discovery dengan alat peraga dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sifat bangun datar segitiga siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 Kec.Waru.Kab.Pamekasan. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar seorang guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, siswa diajak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode discovery. Guru diharapkan dapat menggunakan media atau alat peraga pembelajaran untuk membantu siswa dalam belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274062;
dc.subjectHasil Belajar, Metode Discovery, Alat Peraga, Sifat Bangun Datar.en_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT BANGUN DATAR SEGITIGA MELALUI METODE DISCOVERY DENGAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SDN SUMBER WARU 03 KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record