Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDODO, Joko
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.authorKHASANAH, Ima Muslimatul
dc.date.accessioned2018-11-21T04:56:41Z
dc.date.available2018-11-21T04:56:41Z
dc.date.issued2018-11-21
dc.identifier.nimNIM140210301011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88286
dc.description.abstractPerkembangan dunia usaha yang mengangkat keunggulan lokal saat ini telah banyak digeluti oleh masyarakat. Masing-masing daerah tidak hanya memiliki satu brand lokal, namun ada beberapa perusahaan yang sejenis. Salah satu daerah yang juga memiliki brand lokal adalah Banyuwangi. Saat ini di Banyuwangi telah banyak berdiri berbagai perusahaan yang mengangkat keunggulan lokal daerah. Diperlukan berbagai upaya untuk mampu bersaing menarik minat konsumen. Banyuwangi merupakan suatu daerah yang sedang gencar meningkatkan potensinya dalam bidang pariwisata. Peluang tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk menciptakan suatu produk yang mengangkat keunggulan lokal daerah Banyuwangi sendiri. Distro NAGUD! merupakan salah satu distro yang juga menangkap peluang untuk membuat produk yang mengangkat keunggulan lokal daerah Banyuwangi. Distro NAGUD! berdiri sejak tahun 2012 namun saat ini jangkauan penjualannya telah sampai pasar nasional dan pasar internasional, diantaranya USA, Kroasia, Polandia, Filipina, dan sebagainya. Distro yang terhitung 6 tahun berdiri ini dinilai mampu menarik minat konsumen. Hal ini dapat dilihat dari kuantitas penjualan baik di pasar lokal, pasar nasional, maupun pasar internasional yang meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan kuantitas penjualan tersebut tentu tidak lepas dari kegiatan promosi yang dilakukan. Kegiatan promosi tersebut dapat dikatakan berhasil apabila respon yang diberikan oleh konsumen juga meningkat. Tentu pemilik dari Distro NAGUD! memiliki strategi dalam memaksimalkan kegiatan promosi yang akan dilakukan untuk menjangkau calon konsumennya lebih luas lagi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bauran promosi Distro NAGUD! Kabupaten Banyuwangi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dari Distro NAGUD! sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini memiliki kewenangan dalam menentukan strategi dan mempertimbangkan penggunaan media promosi yang akan digunakan, dan informan pendukung dalam penelitian ini 4 orang konsumen dari Distro NAGUD! Kabupaten Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh pemilik Distro NAGUD! untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan kuantitas penjualan yaitu yang pertama dengan menggunakan iklan melalui berbagai media diantaranya media siaran radio, media internet yang berupa web dan instagram, serta melalui media cetak berupa kartu nama. Kedua, dengan memberikan promosi penjualan berupa diskon kepada konsumen yang membeli produk lebih dari 10 pcs, memberikan diskon saat perayaan hari-hari besar dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, serta dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pemerintah daerah. Ketiga, menjalin hubungan dengan berbagai masyarakat, yakni dalam bentuk pemberian sponsor kepada instansi pemerintah maupun instansi pendidikan dalam suatu kegiatan tertentu, serta dengan menjalin kerjasama dengan UMKM batik Kabupaten Banyuwangi. Keempat, dengan melakukan penjualan pribadi dalam bentuk pemberian pelayanan yang maksimal kepada konsumen yang datang langsung ke distro.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210301011;
dc.subjectBauran Promosien_US
dc.subjectbrand lokalen_US
dc.subjectDistro NAGUD!en_US
dc.titleStrategi Bauran Promosi Distro Nagud! Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record