• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI BELAJAR GAGNE POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DENGAN MODEL THIAGARAJAN

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Endah Purwasari_001.pdf (717.3Kb)
    Date
    2013-09-04
    Author
    Endah Purwasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan salah satu ilmu pendidikan yang telah berkembang pesat, baik materi maupun kegunaannya. Hampir semua bidang ilmu membutuhkan matematika. Akan tetapi pada kenyataan, matematika merupakan salah satu pembelajaran di sekolah yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa. Peran guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat adalah tuntutan besar bagi guru dan akan menentukan berhasil atau tidaknya pengajaran matematika. Berdasarkan KTSP saat ini, guru mempunyai hak mengembangkan sumber belajar yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Salah satu yang dapat dikembangkan oleh guru adalah perangkat pembelajaran. Salah satu teori belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran adalah teori belajar Gagne karena dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat mata pelajaran atau materi yang dipelajari dengan stimulus yang diberikan guru dan respon oleh siswa. Teori belajar ini dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang diberikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan teori belajar Gagne dan menganalisis proses atau tahapan pengembangannya. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D yang diadaptasi menjadi 4-P. Model 4-P terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian hanya menjalankan proses pendefinisian hingga pengembangan. Tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan rumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, dan format pembelajaran, serta perancangan prototipe perangkat pembelajaran. Proses ini menghasilkan tiga RPP, tiga LKS, dan instrumen tes berupa soal essai yang disebut draf 1. Tahap pengembangan dilakukan penilaian yang dilakukan oleh lima validator yang terdiri dari dosen pendidikan matematika, guru mitra, dan guru matematika dari sekolah di Bondowoso. Hasil penilaian dan validasi menunjukkan bahwa prototipe perangkat pembelajaran memiliki validitas yang baik dengan rata-rata nilai validasi 0,92; 0,92; 0,96 berturut-turut untuk RPP, LKS, dan alat evaluasi. Hasil tersebut digunakan untuk memperbaiki draf 1 dan hasilnya disebut sebagai draf 2. Draf 2, RPP dan LKS dikembangkan kembali menjadi tiga RPP dan tiga LKS, beberapa kalimat dalam perangkat pembelajaran diperbaiki dan penambahan gambar pada perangkat. Uji coba dilakukan sebanyak empat kali pertemuan di SMP Negeri 02 Rambipuji mulai 16 November 2011 hingga 01 Desember 2011. Pertemuan I hingga pertemuan IV digunakan untuk menerapkan perangkat pembelajaran matematika (draf 2). Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran berjalan dengan baik untuk setiap kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 85,50%. Pertemuan IV digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa menggunakan instrumen tes hasil pengembangan. Hasil rata-rata nilai siswa mencapai 79 dan tidak lebih dari 25% siswa mendapat nilai ujian kurang dari 70. Serta penyebaran angket, hasilnya 72% siswa yang memberikan respon positif untuk semua indikator dalam angket. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki draf 2 dan hasilnya disebut draf 3. Revisi draf 2 dilakukan dengan memperbaiki kalimat dan kata-kata yang salah pada perangkat pembelajaran. Draf 3 merupakan produk perangkat pembelajaran matematika dengan teori belajar Gagne untuk pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil pada tahap pengembangan, produk perangkat pembelajaran matematika memenuhi kriteria pengembangan yang ditetapkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/882
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository