Show simple item record

dc.contributor.advisorWALUYO, Joko
dc.contributor.advisorHARIYADI, Slamet
dc.contributor.authorALBANA R., Hasan
dc.date.accessioned2018-11-19T06:32:37Z
dc.date.available2018-11-19T06:32:37Z
dc.date.issued2018-11-19
dc.identifier.nimNIM140210103085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88186
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Keterampilan berpikir kritis diukur melalui instrumen penilaian berpikir kritis yang tertera pada setiap LKS yang dikerjakan siswa pada setiap pertemuan. Sedangkan hasil belajar siswa dibagi menjadi tiga ranah; kognitif, afektif, psikomotor yang diukur melalui nilai pretest- postestdan hasil observasi dari sikap dan minat berdasarkan hasil pengamatan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (kognitif, afektif,psikomotor) siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Hal ini dikarenakan dikelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL sehingga proses pembelajaran berjalan menyenangkan dan menarik, serta mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri Balung Jember dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210103085;
dc.subjectTHINK PAIR SHAREen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS XI MIPA SMAN BALUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record