dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Balung Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Keterampilan berpikir kritis diukur melalui instrumen penilaian berpikir kritis yang tertera pada setiap LKS yang dikerjakan siswa pada setiap pertemuan. Sedangkan hasil belajar siswa dibagi menjadi tiga ranah; kognitif, afektif, psikomotor yang diukur melalui nilai pretest- postestdan hasil observasi dari sikap dan minat berdasarkan hasil pengamatan observer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar (kognitif, afektif,psikomotor) siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional (p=0,000 atau <0,05). Hal ini dikarenakan dikelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran TPS berbasis pendekatan PBL sehingga proses pembelajaran berjalan menyenangkan dan menarik, serta mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri Balung Jember dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. | en_US |