Show simple item record

dc.contributor.advisorHANDONO, Mardi
dc.contributor.advisorANDINI, Pratiwi Puspitho
dc.contributor.authorHUDA, Arifin
dc.date.accessioned2018-11-19T00:36:24Z
dc.date.available2018-11-19T00:36:24Z
dc.date.issued2018-11-19
dc.identifier.nimNIM110710101256
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88118
dc.description.abstractPada saat ini, penggunaan ATM bukanlah hal yang baru. Penggunaan ATM juga memicu terjadinya kejahatan. Nasabah sebagai pengguna ATM merupakan pihak yang paling dirugikan apabila terjadi tindak kejahatan seperti ini, sehingga membutuhkan perlindungan yang lebih baik oleh bank yang bersangkutan maupun oleh pemerintah. Keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan mesin ATM sangat rentan, karena banyak hal yang dapat terjadi pada nasabah mengingat kurangnya keamanan bertransaksi via ATM. Masyarakat pada umumnya sangat percaya dengan mesin ATM dan juga sama halnya uang yang ada di dalam nya, pemikiran umum masyarakat akan mesin ATM adalah semua uang yang dikeluarkan di mesin ATM sudah terhitung dengan benar dan dapat dipastikan uang tersebut asli. Kenyataannya banyak hal yang dapat terjadi dalam bertransaksi menggunakan mesin ATM, seperti penarikan uang yang ternyata tidak terhitung dengan benar nominalnya, uang di mesin ATM terdapat kesulitan karena uang tersangkut hingga menyebabkan uang tersebut sobek ketika diambil, terdapat uang yang kusut, ada juga kasus dimana terdapat uang palsu saat transaksi penarikan pada mesin ATM. Rumusan masalah yang akan dibahas adalah : (1) Bagaimana tanggung jawab hukum bank atas ditemukan nya uang palsu dalam mesin ATM ? (2) Apakah upaya yang dapat dilakukan nasabah bank yang menarik uang dari mesin ATM yang terdapat uang palsu ? Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan tipe penelitian yuridis normatif. Pendekatan masalah menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual, dengan bahan hukum yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan bahan non hukum. Analisa bahan penelitian dalam skripsi ini menggunakan analisis normatif kualitatif. Guna menarik kesimpulan dari hasil penelitian dipergunakan metode analisa bahan hukum deduktif. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa, Tanggung jawab hukum pihak bank atas ditemukannya uang palsu dalam mesin ATM adalah bagian dari tanggung jawab bank sebagai pelaku usaha. Nasabah yang dirugikan dengan adanya temuan uang palsu saat mengambil uang di ATM harus membawa bukti yang cukup kuat untuk memperoleh pertanggungjawaban pihak bank selaku penyedia layanan dan fasilitas ATM. Setelah adanya temuan uang palsu tersebut, nasabah dapat melaporkan ke pihak yang berwajib dalam hal ini pihak kepolisian, tentunya dilengkapi bukti fisik seperti uang palsu yang ditemukan, rekaman CCTV saat pengambilan uang di ATM dan keterangan uang palsu dari Bank Indonesia. Setelah adanya laporan tersebut pihak nasabah dapat meneruskan ke pihak bank terkait untuk meminta pertanggungjawaban atau penggantian uang asli. Namun demikian apabila bank yang bersangkutan tidak mempercayai adanya laporan tersebut nasabah dapat melanjutkan dengan menempuh upaya hukum. Bagi pihak nasabah selaku konsumen yang merasa dirugikan oleh adanya temuan uang palsu saat pengambilan uang di ATM, dapat mengajukan gugatan ganti kerugian dengan dasar hukum KUH Perdata jo Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun demikian sebelum dapat melakukan upaya litigasi diupayakan upaya non litigasi, berupa alternetif penyelesaian sengketa seperti negosiasi atau mediasi maupun melibatkan BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), dengan tujuan penyelesaian masalah lebih baik, cepat, dan membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Demikian halnya dengan kerugian nasabah selaku konsumen pada saat pengambilan uang di ATM yang ternyata menjumpai atau mendapati uang palsu, perlu dilakukan dengan baik khususnya menyangkut kerugian yang dialami oleh konsumen.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110710101256;
dc.subjectBANKen_US
dc.subjectUANG PALSUen_US
dc.subjectANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM)en_US
dc.titleTANGGUNG JAWAB BANK TERHADAP UANG PALSU YANG TERDAPAT PADA MESIN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) SAAT PENARIKAN TUNAIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record