• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Performance Assessment Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Lutfiatul Hasanah-130210302026 Sdh.pdf (9.018Mb)
    Date
    2018-11-16
    Author
    Hasanah, Lutfiatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, diantaranya ialah : (1) materi pelajaran sejarah harus dapat mengembangkan integritas dan jati diri dari peserta didik; (2) pelajaran sejarah mampu menumbuhkan sikap positif dan daya inovatif; (3) pembelajaran harus dilaksanakan secara terencana sehingga rasa kompetitif dapat muncul di dalam kelas; (4) pembelajar sejarah perlu membuat peserta didik dapat mengembangkan motivasi belajarnya; dan (5) pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik harus berorientasi pada tujuan melalui kinerja pendidik yang baik. Melihat hal tersebut, maka kondisi ideal dalam pembelajaran sejarah diantaranya ialah dilakukan secara interaktif, inspiratif, menantang, memotivasi peserta didik untuk aktif, serta kreativitas, sesuai dengan bakat, dan minat peserta didik. Fakta di sekolah, berdasarkan hasil penelitian pra-siklus kondisi yang ada di kelas X IPS 2 MAN 1 Jember adalah sebagai berikut: (1) selalu ingin tahu = 59,13%; (2) kemampuan mencari jawaban = 44,44%; (3) kemampuan menemukan gagasan baru = 44,44%; (4) kemampuan bertanya = 56,27%; dan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada ulangan harian = 45,16%. Kondisi yang ada dikelas tersebut didasarkan pada indikator kreativitas yang yang ada serta ketuntasan hasil belajar yang tergolong rendah. Berdasarkan kajian teori para ahli permassalahan tersebut dapat diatasi dengan penggunaan penilaian kinerja (Performance Assessment).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88096
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository