Show simple item record

dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.advisorFajarwati, Linda
dc.contributor.authorZAKIA, Thoiffatuz
dc.date.accessioned2018-11-14T06:40:33Z
dc.date.available2018-11-14T06:40:33Z
dc.date.issued2018-11-14
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88032
dc.description.abstractAktivitas pembelajaran berbasis alam merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, keaktifan peserta didik akan berdampak baik bagi hasil belajarnya. Salah satu cara mengembangkan aspek kognitif pada anak usia dini adalah dengan cara melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis alam, dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adakah hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis alam dengan perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis alam dengan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Manfaat secara teoritis dalam penelitian ini yaitu penelitian ini diharapkan menjadi bahan perbandingan dan literatur bagi peneliti lain yang ingin meneliti kaitannya dengan aktivitas pembelajaran berbasis alam untuk perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun, sedangkan manfaat praktis yaitu hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu penerapan materi yang sudah diperoleh oleh peneliti saat mengikuti perkuliahan sehingga dapat dijadikan salah satu bahan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan kognitif melalui aktivitas pembelajaran berbasis alam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai penelitian adalah KB Khadijah Banyuwangi dengan berdasarkan teknik purposive area. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Banyuwangi yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data tersebut, dibuktikan melalui pengisian lembar observasi terdiri dari 14 item pernyataan. Selanjutya dilakukan analisis data lebih lanjut degan menggunakan rumus tata jenjang yang diolah dengan SPSS (Statistical Package For The Social Science) 24.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBerbasis Alamen_US
dc.subjectKognitifen_US
dc.subjectKB Khadijahen_US
dc.titleHubungan Antara Aktivitas Pembelajaran Berbasis Alam dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten BanyuwangIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record