Show simple item record

dc.contributor.advisorHANDAYANI, Sri
dc.contributor.advisorNA'IM, Mohammad
dc.contributor.authorSUSILO, Tri
dc.date.accessioned2018-11-14T06:24:02Z
dc.date.available2018-11-14T06:24:02Z
dc.date.issued2018-11-14
dc.identifier.nim140220303019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88029
dc.description.abstractMetode Pembelajaran yang sesuai pelajaran sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam hal ini Pendidik berperan penting sebagai fasilitator penentu metode Peserta didikan dalam pembentukan pola pikir dan pemahaman Peserta didik yang berkualitas.Pendidikan dalam prakteknya, tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan belajar, yaitu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Dengan kata lain berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami peserta didik. Sedangkan proses belajar mengajar yang dilakukan sebagian Pendidik masih berpusat pada Pendidik saja. Peserta didik kurang dilibatkan secara aktif dalam kegiatan belajar, sehingga proses Peserta didikan kurang memberikan kesempatan kepada Peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana pengaruh metodePembelajaran Inkuiri dan Resitasiterhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. (2), Bagaimana pengaruh gaya belajar Kognitif Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. (3), Bagaimana Interaksi antara metode Pembelajaran Inkuiri dan Resitasidan gaya belajar Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016 Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh metode Pembelajaran Inkuiri dan Resitasi. (2)untuk mengetahui pengaruh gaya belajar Field Independent dan Field Dependent terhadap hasil belajar (3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran inkuiri dan resitasi dan gaya belajar indpendence dan fiel dependent terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewargangeraan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat penelitian ini untuk praktisi pendidikan agar bisa menjadi landasan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan inovasi metode dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data nilai tes penggunaan metode Peserta didikan inkuiri, resitasi, gaya belajar kognitif (field independent dan field dependent) terhadap hasil belajar Peserta didik. Selanjutnya, peneliti mengolah data pretes dan postes hasil penelitian, maka peneliti menggunakan program SPSS 24.0 for windows.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140220303019;
dc.subjectKOGNITIFen_US
dc.subjectPENDIDIKAN KEWARGANEGARAANen_US
dc.subjectINKUIRIen_US
dc.subjectRESITASIen_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran (Inkuiri dan Resitasi ) dan Gaya Belajar Kognitif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US
dc.identifier.validatortaufik 6 november 2023


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record