• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Modul Dinamika Gerak Berbasis Gambar Proses untuk Menanamkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar pada Siswa SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Rony Harianto - 160220104019_1.pdf (7.461Mb)
    Date
    2018-11-14
    Author
    Harianto, Rony
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kejadian-kejadian yang bersifat fisis yang mencakup proses, produk dan sikap ilmiah yang bersifat siklik, saling berhubungan, dan menerangkan bagaimana gejala-gejala alam tersebut dapat terukur melalui pengamatan dan penelitian. Pada kenyataannya, kebanyakan siswa masih menganggap sulit memahami fisika secara mandiri. Salah satu faktor yang menimbulkan anggapan tersebut yaitu kurangnya media yang dapat menjelaskan konsep fisika dengan lebih mudah. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menjelaskan konsep fisika lebih mudah yakni gambar proses. Gambar proses perlu dituangkan dalam suatu media cetak agar siswa dapat memahami konsep secara mandiri. Salah satu media cetak yang dapat digunakan untuk menanamkan kemandirian belajar yakni modul. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengembangan untuk menghasilkan modul berbasis gambar proses untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa . Penelitian pengembangan ini akan diterapkan pada siswa SMA yang mempelajari materi dinamika gerak. Maka penelitian dengan modul dinamika gerak berbasis gambar proses untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar perlu dilakukan Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan modul dinamika gerak berbasis gambar proses yang valid untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa SMA; (2) Mendeskripsikan modul dinamika gerak berbasis gambar proses yang praktis untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa SMA; (3) Mendeskripsikan modul dinamika gerak berbasis gambar proses yang efektif untuk menanamkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar pada siswa SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88007
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository