Profil Cara Belajar Matematika Siswa Akselerasi Kelas Ix Di SMP Negeri 2 Jember
Abstract
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku dimana suatu 
individu akan memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai yang 
menyebabkan individu tersebut memiliki respon yang lebih baik dengan 
lingkungannya. Pencapaian suatu tujuan pendidikan sangatlah ditentukan oleh 
proses belajar siswa. Proses belajar yang dilalui siswa berbeda-beda sesuai cara 
belajar mereka masing-masing. Pembelajaran matematika merupakan bagian dari 
pendidikan nasional yang seringkali dianggap sulit oleh sebagian siswa. Namun, 
sebagian besar siswa dengan tingkat kecerdasan tinggi biasanya lebih 
menunjukkan minat atau ketertarikannya terhadap mata pelajaran ini. Siswa yang 
memiliki kecerdasan dan kemampuan lebih seperti siswa pada kelas akselerasi 
memiliki cara yang beragam dalam belajar matematika. Melihat pentingnya 
pengetahuan mengenai cara belajar matematika bagi proses pembelajaran serta 
hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian mengenai bagaimana profil cara 
belajar matematika pada siswa dengan potensi belajar yang tinggi yakni siswa 
kelas akselerasi. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana cara 
belajar matematika siswa kelas akselerasi. Hasil penelitian diharapkan dapat 
dimanfaatkan sebagai informasi mengenai cara belajar siswa dalam mata pelajaran 
matematika sehinggadapat membantu siswa dalam proses pembelajaran di kelas 
dengan menyesuaikan cara belajarnya dan kesulitan belajar juga bisa diatasi. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
