Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Tema Lingkungan untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
dc.contributor.advisor | Mahardika, I Ketut | |
dc.contributor.advisor | Supeno | |
dc.contributor.author | Kurniawan, Jefri Adhi | |
dc.date.accessioned | 2018-11-12T03:42:11Z | |
dc.date.available | 2018-11-12T03:42:11Z | |
dc.date.issued | 2018-11-12 | |
dc.date.submitted | ||
dc.identifier.nim | NIM160220104008 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87890 | |
dc.description.abstract | Perkembangan pengetahuan dan teknologi abad ke-21, terutama yang berhubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia menuntut adanya perubahan dan pembaharuan kurikulum pendidikan. Salah satu keterampilan abad ke-21 yang menjadi target dari penerapan kurikulum 2013 adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pendekatan scientific yang salah satunya dapat berupa pengintegrasian Socio-Scientific Issues (SSI) ke dalam pembelajaran. SSI adalah permasalahan kontroversial tanpa solusi atau jawaban pasti yang menghubungkan ilmu pengetahuan dengan kehidupan masyarakat. Integrasi SSI ke dalam bahan ajar merupakan suatu hal baru yang masih jarang dilakukan oleh peneliti lain. Salah satu bahan ajar yang dapat membuat siswa mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri sesuai target penerapan kurikulum 2013 adalah modul. Modul dirancang dengan mengintegrasikan konteks SSI bertema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan kevalidan modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa SMP; 2) mendeskripsikan kepraktisan modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa SMP; dan 3) mendeskripsikan keefektifan modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa SMP. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 160220104008; | |
dc.subject | Pengembangan Modul IPA | en_US |
dc.subject | Socio-Scientific Issues | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Tema Lingkungan untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
MT-Teacher Training and Education [251]
Koleksi Tesis Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP