Show simple item record

dc.contributor.advisorSATRIJONO, Hari
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorLESTARI, Eva Faradina Putri
dc.date.accessioned2018-11-12T03:04:57Z
dc.date.available2018-11-12T03:04:57Z
dc.date.issued2018-11-12
dc.identifier.nimNIM140210204114
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87881
dc.description.abstractPembelajaran apresiasi sastra di sekolah dapat membantu siswa dalam menghayati suatu nilai-nilai kehidupan. Pembelajaran apresiasi sastra dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media, baik media visual maupun media audio visual. Film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” di MNC TV dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran apresiasi sastra. Film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” banyak mengandung nilai-nilai edukatif. Terkait dengan film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” tersebut dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran yang ada di SD, yaitu pembelajaran apresiasi sastra bermain drama. Berdasarkan pernyataan tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai edukatif dalam film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” di MNC TV dan pemanfaatannya pada pembelajaran drama komedi di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata/kalimat serta sikap yang dicontohkan oleh para tokoh yang terdapat dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo yang menunjukkan adanya nilai-nilai edukatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah video film animasi Adit dan Sopo Jarwo di MNC TV yang diunduh melalui situs laman Youtube.com. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” terdapat 12 nilai-nilai edukatif. Diantaranya yaitu nilai kedamaian, nilai penghargaan, nilai cinta, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai kerendahan hati, nilai kerja sama, nilai kebahagiaan, nilai tanggung jawab, nilai kesederhanaan, nilai kebebasan, dan nilai persatuan. Pemanfaatan film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran apresiasi sastra yaitu bermain drama komedi dan dituliskan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai variasi dalam pembelajaran yaitu memanfaatkan film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” sebagai pembelajaran drama komedi di Sekolah Dasar dengan menggunakan Kompetensi Dasar 6.2 yaitu memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat; (2) bagi siswa dapat dijadikan sebagai penanaman sikap, karakter, dan pengetahuan terhadap nilai-nilai edukatif yang terdapat pada film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” di MNC TV; (3) bagi peneliti lain diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembelajaran atau pembanding terhadap penelitian sejenis selanjutnya, sehingga penelitian yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik daripada penelitian sebelumnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204114;
dc.subjectEdukatifen_US
dc.subjectFilm Animasien_US
dc.subjectAdit Dan Sopo Jarwoen_US
dc.subjectDrama Komedien_US
dc.titleNilai-Nilai Edukatif Dalam Film Animasi “Adit Dan Sopo Jarwo” Di Mnc Tv Dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Drama Komedi Di Sekolah Dasaren_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record