Show simple item record

dc.contributor.advisorMudakir, Imam
dc.contributor.advisorAsyiah, Iis Nur
dc.contributor.authorHadianto, Akh. Husaen
dc.date.accessioned2018-11-08T05:19:05Z
dc.date.available2018-11-08T05:19:05Z
dc.date.issued2018-11-08
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM160220104011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87713
dc.description.abstractSalah satu bentuk upaya pemerintah untuk mendorong suatu proses kegiatan menggunakan paradigma konstruktivisme yaitu dengan Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 revisi 2016 menuntut pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting dalam kecakapan hidup, sehingga merubah pola paradigma pembelajaran dari Teacer Centered Learling menjadi Student Centered Learning. Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar Student Centered Learning yaitu dengan menggunakan Modul Model Directed Step Materi Sistem Pernapasan pada Manusia, Modul ini merupakan pengembangan dari modul, model dan pendekatan saintifik, yang dikembangkan menjadi Modul yang memiliki langkah-langkah dengan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan) yang disusun secara runtut, agar kegiatan belajar siswa dapat dilakukan secara mandiri dan mudah, dengan tahap saintifik, apersepsi, gambar, praktikum, dan evaluasi pada modul dapat mengarahkan dan merangsang siswa pada tujuan pembelajaran sehingga lebih proaktif dan mudah dalam memahami materi. Berdasarkan hal tersebut tujuan yang diangkat oleh peneliti adalah: 1) menganalisis kevalidan Modul Model Directed Step; 2) menganalisis kepraktisan modul Modul Model Directed Step dan; 3) menganalisis keefektifan Modul Model Directed Step materi sistem penapasan pada manusia dalam pembelajaran Biologi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang menghasilkan produk Modul Model Directed Step materi sistem penapasan pada manusia yang valid, praktis dan efektif, dengan menggunakan model Pengembangan 4D Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 1) define; 2) design; 3) develop; 4) disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Pakusari Kabupaten Jember. Pemilihan subjek responden menggunakan Teknik Purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil validasi Modul Model Directed Step materi sistem penapasan pada manusia diperoleh dari dua validasi ahli dan dua validasi pengguna, hasil rata-rata skor keseluruhan dari validasi ahli dan validasi pengguna sebesar 83,55%, dengan skor tersebut Modul Model Directed Step dinyatakan sudah layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif pembelajaran di kelas. Hasil kepraktisan Modul Model Directed Step dilihat dari rata-rata respon siswa terhadap modul yang dikembangkan pada uji coba I, uji coba II dan tahap disiminasi, sehingga skor rata-rata keseluruhan respon siswa sebesar 89,8 dengan kriteria “Sangat praktis”. Sedangkan hasil keefektifan Modul Model Directed Step dilihat dari hasil pre-test dan post-testt yang dianalisis menggunakan N-Gain, dari hasil uji coba II dan tahap disiminasi, skor rata-rata skor keseluruhan N-Gain 0,74 dengan kategori tinggi, sehingga Modul Model Directed Step materi sistem pernapasan pada manusia dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Model Directed Step materi sistem pernapasan pada manusia dikategorikan, sangat praktis, sangat efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries160220104011;
dc.subjectModel Directed Stepen_US
dc.subjectPengembangan Modulen_US
dc.subjectSistem Pernapasanen_US
dc.titlePengembangan Modul Model Directed Step Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dalam Pembelajaran Biologi SMAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record