• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Model Directed Step Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dalam Pembelajaran Biologi SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Akh. Husaen Hadianto, S.Pd-160220104011_1.pdf (1.343Mb)
    Date
    2018-11-08
    Author
    Hadianto, Akh. Husaen
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mendorong suatu proses kegiatan menggunakan paradigma konstruktivisme yaitu dengan Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 revisi 2016 menuntut pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting dalam kecakapan hidup, sehingga merubah pola paradigma pembelajaran dari Teacer Centered Learling menjadi Student Centered Learning. Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar Student Centered Learning yaitu dengan menggunakan Modul Model Directed Step Materi Sistem Pernapasan pada Manusia, Modul ini merupakan pengembangan dari modul, model dan pendekatan saintifik, yang dikembangkan menjadi Modul yang memiliki langkah-langkah dengan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan) yang disusun secara runtut, agar kegiatan belajar siswa dapat dilakukan secara mandiri dan mudah, dengan tahap saintifik, apersepsi, gambar, praktikum, dan evaluasi pada modul dapat mengarahkan dan merangsang siswa pada tujuan pembelajaran sehingga lebih proaktif dan mudah dalam memahami materi. Berdasarkan hal tersebut tujuan yang diangkat oleh peneliti adalah: 1) menganalisis kevalidan Modul Model Directed Step; 2) menganalisis kepraktisan modul Modul Model Directed Step dan; 3) menganalisis keefektifan Modul Model Directed Step materi sistem penapasan pada manusia dalam pembelajaran Biologi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang menghasilkan produk Modul Model Directed Step materi sistem penapasan pada manusia yang valid, praktis dan efektif, dengan menggunakan model Pengembangan 4D Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 1) define; 2) design; 3) develop; 4) disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Pakusari Kabupaten Jember. Pemilihan subjek responden menggunakan Teknik Purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil validasi Modul Model Directed Step materi sistem penapasan pada manusia diperoleh dari dua validasi ahli dan dua validasi pengguna, hasil rata-rata skor keseluruhan dari validasi ahli dan validasi pengguna sebesar 83,55%, dengan skor tersebut Modul Model Directed Step dinyatakan sudah layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif pembelajaran di kelas. Hasil kepraktisan Modul Model Directed Step dilihat dari rata-rata respon siswa terhadap modul yang dikembangkan pada uji coba I, uji coba II dan tahap disiminasi, sehingga skor rata-rata keseluruhan respon siswa sebesar 89,8 dengan kriteria “Sangat praktis”. Sedangkan hasil keefektifan Modul Model Directed Step dilihat dari hasil pre-test dan post-testt yang dianalisis menggunakan N-Gain, dari hasil uji coba II dan tahap disiminasi, skor rata-rata skor keseluruhan N-Gain 0,74 dengan kategori tinggi, sehingga Modul Model Directed Step materi sistem pernapasan pada manusia dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Model Directed Step materi sistem pernapasan pada manusia dikategorikan, sangat praktis, sangat efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87713
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository