dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Baratan 02 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 40 siswa, terdiri atas 23 laki-laki dan 17 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah
observasi, wawancara, dokumen dan tes. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik mencatat mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.. Hasil ini terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 42,656% pada siklus I meningkat sebesar 18,844% sehingga menjadi 61,5%. Siklus II terjadi peningkatan sebesar 24,87% dari siklus I sehingga menajdi 86,370%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dari prasiklus yaitu sebesar 7,9%, kemudian menjadi 74,6% pada siklus I. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,5% sehingga menjadi 85,625%.
Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) bagi guru, dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan teknik mencatat mind mapping sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa; (2) bagi pihak sekolah, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pengembangan teknik yang akan digunakan guru dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa; (4) bagi peneliti, penelitian dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam pembelajaran; (5) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat menjadi acuan dan referensi dalam melakukan penelitian yang sejenis. | en_US |