Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHAYU
dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.authorMAYASARI, Arika Nur
dc.date.accessioned2018-11-06T04:11:10Z
dc.date.available2018-11-06T04:11:10Z
dc.date.issued2018-11-06
dc.identifier.nimNIM110210204088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87604
dc.description.abstractPemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran IPS sangat diperlukan agar pembelajaran menjadi efektif, menyenangkan, dan materi tersampaikan dengan baik kepada siswa. Dengan demikian diharapkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Namun berdasarkan hasil observasi awal, data angket, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di SDN Sumbersari 02 Jember diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar masih tergolong rendah. Guru sudah menggunakan beberapa variasi metode pembelajaran namun dirasa masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunan media yang menarik dan peran guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran, Beberapa siswa hanya duduk dan mendengarkan dan kurang aktif saat guru memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakan atau memperagakan suatu pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan metode inkuiri. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV menggunakan metode Inkuiri pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi di SDN Sumbersari 02 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV menggunakan metode Inkuiri pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi di SDN Sumbersari 02 Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Sumbersari 02 Jember yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi motivasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah perolehan skor rata-rata motivasi belajar (81 – 100) dan hasil belajar siswa (81 – 100) mencapai kategori sangat baik Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 46,73, meningkat menjadi 73,06 (kategori tinggi) pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 81,18 (kategori sangat tinggi). Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 66,21 sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 76,52 (kategori baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 85,91 (kategori sangat baik). Salah satu saran yang berkaitan dengan penerapan metode inkuiri bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210204088;
dc.subjectMetode Inkuirien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi Pada Siswa Kelas IV Di SDN Sumbersari 02 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record