dc.description.abstract | Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah dikemukakan dalam Bab
4, maka diperoleh kesimpulan bahwa peran guru dalam penanaman agama dan
moral pada anak kelompok B, terdapat empat peran guru yang terdapat di TK
Pertiwi yaitu: 1) korektor, 2) motivator, 3) pembimbing, 4) keteladanan,
Berdasarkan peran guru di atas, dapat disimpulkan bahwa motivator merupakan
peran guru yang paling konsisten dari peran guru lainnya. Hal ini dapat dilihat
dari sikap guru yang konsisten mengingatkan anak setiap hari kamis menjelang
kegiatan keagamaan untuk mempelajari bacaan Qur’an surat dan lainnya di rumah
menjelang pelaksanaan kegiatan keagamaan, serta mendorong anak untuk
menyisihkan uang sakunya untuk kegiatan beramal. Konsistensi tersebut
membuat sebagian anak mampu memiliki sifat jujur, peduli dan sopan santun.
Sikap jujur merupakan sikap yang paling sering ditunjukkan oleh anak, karena
sikap dan dan kesalahan yang seringkali ditunjukkan timbul sikap jujur yang
ditunjukkan oleh anak dengan dorongan yang diberikan oleh guru setiap berbuat
salah agar saling memaafkan. Sikap peduli dan sopan santun dapat dilihat pada
saat hal-hal tertentu saja. Jadi berdasarkan sikap jujur yang dimiliki sebagian
anak, anak mampu menunjukkan sikap salam dengan baik, hal ini dapat dilihat
saat guru mengiringi anak saat menunjukkan sikap salam setiap pagi sebelum
memulai kegiatan pembelajaran. | en_US |