• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Room Attendant Pada Operasional Housekeeping Department Untuk Pelayanan Kamar Di Hotel Bintang Mulia Dan Resto Jember

    Thumbnail
    View/Open
    TERRY ARI PRASETYO - 130903102016.pdf (1.284Mb)
    Date
    2018-09-17
    Author
    PRASETYO, Terry Ari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata merupakan salah satu bentuk industri yang berkembang diera ke-19 yang mampu menyediakan pertumbuhan perekonomian baik dalam hal lapangan pekerjaan, pendapatan maupun taraf hidup. Industri pariwisata sangat berkaitan erat dengan dengan industri perhotelan. Perhotelan adalah bidang usaha yang berkembang seiring dengan kemajuan sektor pariwisata. Tuntutan para pelancong yang ingin mendapatkan layanan akomodasi yang sesuai. Baik secara kuantitatif maupun kualitatif, Sebagian orang mungkin menganggap bahwa perhotelan hanya terdiri dari hotel dan restoran. Lebih luas dari itu, industri perhotelan meliputi berbagai macam usaha, seperti bar, gerai fast food, guest house, laundry and dry cleaning, rekreasi keluarga, kebugaran, dan lain sebagainya. Hotel juga perusahaan yang memberikan layanan jasa dalam bentuk penginapan atau akomodasi serta menyediakan fasilitas lainnya yang memenuhi syarat-syarat comfort, privasi dan bertujuan komersil. Dalam sebuah hotel terdapat bagian penting yang memiliki prioritas pelayanan kepada tamu yaitu House Keeping Department, Adapun salah satu hotel tersebut adalah Hotel Bintang Mulia dan Resto Jember, hotel ini adalah hotel berkelas bintang tiga (***) memiliki produk yang hampir sama dengan hotel lain pada umumnya, seperti kamar, makanan, minuman. Departemen Housekeeping pada Hotel Bintang Mulia dan Resto terdapat Room Attendant yang merupakan seseorang yang melayani dan mengantarkan keperluan kamar kepada tamu Room Attendant sangat berperan penting terhadap citra kamar maupun hotel, karena pelayanan yang diberikan Room Attendant mencerminkan kualitas kamar dan hotel tersebut. Dalam mempertahankan kualitas pelayanan Room Attendant di kamar, dan menjaga mutu pelayanan, dari pihak Hotel Bintang Mulia dan Resto Jember sering kali memberikan training kepada para Room Attendant hal ini bertujuan agar Room Attendant selalu menjaga dan memberi pelayanan yang memuaskan kepada tamu. Pada saat Praktek Kerja Nyata, penulis ditempatkan di departemen Housekeeping sebagai Room Attendant yang memberikan pelayanan sebaik mungkin agar tamu merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Agar pelayanan lebih maksimal dan tamu merasa menjadi prioritas utama dengan segala bentuk pelayanan yang diberikan. Seorang Room Attendant harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam menjalankan peran dan tugasnya, terutama pengetahuan dasar tentang perhotelan, pengetahuan tentang kamar, kemampuan tambahan seperti kemampuan berbahasa dengan baik dan pengetahuan lainnya yang ada kaitannya dengan lingkungan kerja dan Room Attendant juga dituntut untuk memiliki kemampuan dasar dalam melayani tamu. Peranan dan tanggung jawab seorang Room Attendant yaitu memberikan pelayanan yang baik dan memenuhi pelayanan kebutuhan perlengkapan tamu sehingga tamu tersebut merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan ingin kembali lagi berkunjung ke hotel tersebut. Pelayanan yang diberikan kepada tamu harus sesuai dengan standart dan prosedur pelayanan (sequence of service) yang telah ditentukan di Hotel Bintang Mulia dan Resto, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya complaint tamu dan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin untuk memenuhi kepuasan tamu dalam melayani tamu di Hotel Bintang Mulia dan Resto Jember. Sebagai seorang Room Attendant dituntut harus mengerti tugas dan tanggung jawab yang diberikan dalam melayani tamu dan memahami kebutuhan tamu dalam hal kebutuhan kamar serta pelayanannya, karena hal tersebut merupakan peranan seorang Room Attendant dalam memberikan pelayanan kepada tamu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87432
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5609]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository