dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Jember kompetensi dasar perdagangan internasional semester genap tahun ajaran 2017/2018, serta mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Jember pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar perdagangan internasional semester genap tahun ajaran 2017/2018. Indikator kreativitas belajar yaitu siswa bisa memiliki hasrat keingintahuan pada materi perdagangan internasional, partisipasi siswa dalam mengerjakan tugas pada materi perdagangan Internasional, berpikir orisinal pada materi perdagangan internasional dan pengalaman membaca siswa materi perdagangan internasional,. Pada siklus I kreativitas belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 2,4 meningkat menjadi 3,23 kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan, hasil belajar siswa dilihat dari nilai ulangan harian siswa kompetensi dasar perdagangan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai rata-rata siswa 79,08 dan ketuntasan belajar secara klasikal 80%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 84,80 dan ketuntasan belajar secara klasikal 86%.
Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Maka saran yang dapat peneliti berikan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai karakteristik materi seperti model Problem Based Learning dengan materi perdagangan internasional. Sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. | en_US |