Show simple item record

dc.contributor.authorGhanif Agung Revianto
dc.date.accessioned2013-12-12T21:44:02Z
dc.date.available2013-12-12T21:44:02Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM070210391084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8723
dc.description.abstractKemandirian belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Tanggul dalam pembelajaran ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya percaya diri siswa, ketergantungan terhadap orang lain dan tidak berperilaku berdasarkan inisiatif diri sendiri. Selain itu mereka meremehkan pelajaran ekonomi karena mereka menganggap bahwa pelajaran ekonomi hanya hafalan, dan pada saat guru menjelaskan materi pandangan siswa tidak terfokus pada penjelasan guru atau materi yang sedang dijelaskan oleh guru. Dengan penerapan model pembelajaran ARIAS diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Penelitian ini dilakukan di kelas X-5 SMA Negeri 1 Tanggul semester genap pada tanggal 16 Mei 2012 sampai dengan 6 Juni 2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemandirian belajar siswa di kelas X-5 sebelum tindakan hanya sebesar 1,81 pada kriteria rendah. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diketahui bahwa skor rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat menjadi 2,53 yaitu pada kriteria sedang. Hasil ini tentunya belum sesuai dengan target penelitian yaitu skor rata-rata kemndirian belajar siswa pada kriteria tinggi. Dengan demikian maka diputuskan dilakukan siklus II, pada siklus II skor rata-rata kemndirian belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 3,29 yang berada pada kriteria tinggi. Oleh karena itu, berpedoman pada hipotesa dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi khususnya pokok bahasan uang dan perbankan karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391084;
dc.subjectKemandirian Siswa, Model Pembelajaran ARIASen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIASen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record