Show simple item record

dc.contributor.authorFriscalia Fradhana
dc.date.accessioned2013-12-12T21:39:54Z
dc.date.available2013-12-12T21:39:54Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210391012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8722
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bukti fisik dan kehandalan jasa terhadap kepuasan siswa di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2011/2012. Dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan metode penentuan sampelnya menggunakan proposional random sampling sejumlah 97 responden. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Penenlitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, varian garis regresi, efektivitas garis regresi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik dan kehandalan jasa pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. F hitung = 145,568 > F = 3,94 dengan tingkat signifikansi α = 0,05 > signifikansi 0,000. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa H 0 tabel ditolak dan Ha diterima, jadi variabel bebas yaitu bukti fisik dan kehandalan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan siswa. Hasil analisis efektifitas Garis Regresi (R ) yang digunakan untuk mengetahui kontribusi koefisien regresi dari variabel bebas yaitu kehandalan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan siswa diketahui sebesar 0,756 atau 75,6%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan siswa dapat dipengaruhi oleh kehandalan kualitas jasa pendidikan sebesar 75,6%, sedangkan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti daya tanggap, 2 jaminan, dan empati. Secara parsial, variabel bukti fisik dan kehandalan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis uji t, yaitu t hitung = 7,884 > t = 1,99, sedangkan variabel kehandalan memiliki nilai t hitung = 7,680 > t tabel = 1,99. Dalam penelitian ini bukti fisik merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan siswa sebesar 38,4%, sedangkan kehandalan memliki pengaruh terhadap kepuasan siswa sebesar 37,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bukti fisik dan kehandalan kualitas jasa pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK Negeri 2 Jember tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391012;
dc.subjectBukti Fisik, Kehandalan, Kepuasan, dan Kualitas Jasa Pendidikanen_US
dc.titlePENGARUH BUKTI FISIK DAN KEHANDALAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMK NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record