Show simple item record

dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorSAVITRI, Nur
dc.date.accessioned2018-08-24T06:50:59Z
dc.date.available2018-08-24T06:50:59Z
dc.date.issued2018-08-24
dc.identifier.nimNIM140210204036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87226
dc.description.abstractPenelitian yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Jember dimulai sejak tanggal 16 Januari hingga 27 Maret 2018. Kelas yang digunakan dalam penelitian ialah kelas IVA yang berjumlah 30 siswa dan kelas IVB yang berjumlah 31 siswa. Kegiatan yang dilakukan selama penelitian mencakup pengumpulan data yang berupa dokumen, observasi, wawancara, dan tes. Jenis penelitian yang digunakan ialah Pra Eksperimental (Pra Experimental) dengan pola posttest only control group design. Berdasarkan uji homogenitas diketahui hasil thitung > ttabel (2,321>2,000), sehingga kedua kelas tersebut dapat dinyatakan homogen. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilakukan dengan menggunakan random sampling atau acak dan dihasilkan bahwa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu instrumen tes dilakukan uji validitas dan reliabilitas guna mengetahui tingkat kebenaran instrumen tes yang digunakan. Uji-t menghasilkan bahwa hasil belajar siswa sebesar 3,529, ranah afektif sebesar 3,582, dan ranah psikomotorik sebesar 3,859. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol 77,25 dan kelas eksperimen 80,64, skor rata-rata posttest ranah afektif pada kelas kontrol 78,50 dan kelas eksperimen 81,70, skor rata-rata posttest ranah psikomotorik pada kelas kontrol 84,02 dan kelas eksperimen 87,32. Hasil uji-t tersebut kemudian dikonsultasikan pada tabel kritik distribusi t uji dua pihak (two tail test) dengan db = 59 pada taraf signifikansi 5%. Harga ttabel menunjukkan angka 2,000. Hasil belajar siswa, ranah afektif, dan ranah psikomotorik menunjukkan bahwa thitung > ttabel , yang berarti terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah 1 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah 1 Jember semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Saran dari penelitian ini bagi guru ialah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu referensi sebagai model pembelajaran di kelas. Bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian serupa diharapkan lebih memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat pula dijadikan referensi untuk penelitian yang lebih luas lagi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204036;
dc.subjectPROBLEM-BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record