Show simple item record

dc.contributor.authorFirda Badratun Nasiha
dc.date.accessioned2013-12-12T21:35:47Z
dc.date.available2013-12-12T21:35:47Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM070210391058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8721
dc.description.abstractProses pembelajaran yang selam ini ditetapkan di sekolah-sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMA Negeri 1 Arjasa. Agar siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah dalm bidang ekonomi adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi materi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Arjasa melalui model jigsaw tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Arjasa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 59,07% dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 66,11%. Hal ini berarti aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria sedang menjadi aktif. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 76,02% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 91,07% pada siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391058;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, JIGSAW, AKTIFITAS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-4 DI SMA NEGERI 1 ARJASAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record