Show simple item record

dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.advisorHUTAMA, Fajar Surya
dc.contributor.authorANHAR, Hayyu Amaliadana
dc.date.accessioned2018-08-24T02:38:29Z
dc.date.available2018-08-24T02:38:29Z
dc.date.issued2018-08-24
dc.identifier.nim140210204021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87207
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian yang diambil adalah dokumentasi, dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa yaitu nilai sopan, santun, religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema indahnya kebersamaan edisi revisi 2017 untuk siswa kelas IV SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pengamatan terhadap buku siswa kurikulum 2013 edisi terbaru 2017 kelas 4 tema indahnya kebersamaan. Hasil analisis yang didapatkan, yaitu jumlah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 84. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tiga subtema yaitu keberagaman budaya bangsaku, kebersamaan dalam keberagaman dan bersyukur atas keberagaman. Adapun rincian jumlah setiap karakter yaitu: (1) sopan 2; (2) santun 4; (3) religius 22; (4) nasionalisme 26; (5) mandiri 10; (6) gotong royong 19; dan (7) integritas 1. Hasil penelitian didapatkan bahwa melalui muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan. Guru dapat mengenalkan muatan nilai-nilai karakter kepada peserta didik dan membelajarkan nilai-nilai ini pada peserta didik diharapkan peserta didik mampu untuk memahami dan mengamalkan apa yang telah dipelajarinya. Pada saat melakukan pembelajaran di SD yang wajib diingat adalah pentingnya penanaman karakter pada peserta didik, hal tersebut juga didukung oleh adanya kurikulum yang lebih mementingkan karakter atau sikap afektif peseta didik. Berdasarkan hasil analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas IV tema Indahnya Kebersamaan dapat disimpulkan bahwa buku siswa tema Indahnya Kebersamaan kelas IV sekolah dasar memuat tujuh nilai karakter sesuai dengan buku pegangan guru dan PPK (Penguat Pendidikan Karakter). Ketujuh muatan nilai-nilai karakter tersebut adalah sopan, santun, nasionalisme, religius, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas. Nilai sopan dan nilai santun terdapat pada buku pegangan guru kemudian nilai religius, nilai nasionalisme, nilai mandiri, nilai gotong royong dan nilai integritas terdapat pada Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yaitu peraturan pendidikan karakter.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204021
dc.subjectKARAKTERen_US
dc.subjectINDAHNYA KEBERSAMAANen_US
dc.titleAnalisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaanen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record