dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D yang
dikemukakan oleh Thiagarajan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu
media dadu dan papan flanel dengan materi konsep geometri dan konsep
berhitung. Media dadu dan papan flanel digunakan pada pembelajaran untuk
pencapaian 6 (enam) indikator perkembangan kognitif yaitu 1) mengenal bangun
geometri; 2) mengklasifikasikan bangun geometri sesuai bentuk dan warnanya; 3)
mengurutkan bangun geometri dari besar-kecil, atau sebaliknya; 4)
membilang/menyebutkan urutan bilangan dari 1 sampai 10; 5) menunjukkan
lambang bilangan 1-10; 6) menghubungkan/memasangkan lambang bilangan
dengan benda-benda sampai 10.
Subjek penelitian ini yakni anak kelompok A di RA Perwanida I Cluring
Banyuwangi yang berjumlah 22 anak. Uji pengembangan dilakukan pada
semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu
hasil validasi media dadu dan papan flanel, perangkat pembelajaran yang
digunakan, hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media
dadu dan papan flanel, serta keefektifan pembelajaran dengan menggunakan
media dadu dan papan flanel yang ditentukan oleh hasil belajar anak.
Tahap uji pengembangan dilakukan kegiatan validasi oleh ahli dan uji
pengembangan di lapangan berupa kegiatan pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli
untuk media dadu dan papan flanel diperoleh nilai 4,48 dengan kategori valid.
Hasil validasi terkait RPPH dan LKA masing-masing memperoleh nilai 4,3 dan
4,52 dengan kategori valid dengan sedikit perbaikan. Berdasarkan uji
pengembangan di lapangan diperoleh aktivitas guru mencapai 86,67% pada
pertemuan 1, dan 97,78% pada pertemuan 2. Respon guru terhadap komponen
media dadu dan papan flanel serta perangkat pembelajaran yang disusun yakni
respon positif.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa 1) media dadu dan
papan flanel untuk keterampilan mengenal konsep geometri dan konsep berhitung
dikategorikan valid dengan sedikit perbaikan; 2) keterlaksanaan pembelajaran
menggunakan media dadu mencapai hasil yang sangat baik; dan 3) hasil aktivitas
belajar anak mencapai kategori baik, serta respon guru terhadap pembelajaran
dengan media dadu dan papan flanel positif. Saran yang diberikan bagi peneliti
lain yaitu pengembangan media dadu dan papan flanel ini menjadi referensi untuk
mengembangkan media dadu dan papan flanel untuk materi yang lain. | en_US |