Show simple item record

dc.contributor.advisorSOEPENO, Bambang
dc.contributor.advisorUMAMAH, Nurul
dc.contributor.authorSARI, Arti Permata
dc.date.accessioned2018-08-23T07:29:58Z
dc.date.available2018-08-23T07:29:58Z
dc.date.issued2018-08-23
dc.identifier.nimNIM140210302063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87177
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang disusun pendidik telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter utama yang meliputi religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Pengintegrasian nilainilai karakter dalam perencanaan pembelajaran terdapat pada komponen tujuan pembelajaran sejarah, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, skenario pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang tercantum secara implisit maupun eksplisit; (2) pada pelaksanaan pembelajaran sejarah, pendidik melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter peserta didik mulai dari karakter religius hingga gotong royong yang tercantum pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; (3) evaluasi pembelajaran yang digunakan mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter peserta didik yang terdiri dari penilaian pengetahuan melalui tes lisan maupun tertulis, penilaian sikap untuk menilai karakter peserta didik selama proses pembelajaran sejarah dan penilaian keterampilan untuk menilai kreativitas peserta didik. Kesimpulan hasil penelitian yakni: (1) pada perencanaan pembelajaran yang disusun oleh pendidik berdasarkan kurikulum 2013 telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter secara implisit dalam RPP; (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah yang dilakukan oleh pendidik menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter peserta didik dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; (3) evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dalam membentuk karakter peserta didik telah dicantumkan dan dilaksanakan selama proses pembelajaran sejarah berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar pendidik lebih baik lagi dalam menyusun RPP, melaksanakan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran, agar nilai-nilai karakter yang ada pada tujuan pembelajaran sejarah dapat tersampaikan dengan baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210302063;
dc.subjectPEMBELAJARAN SEJARAHen_US
dc.subjectKARAKTER PESERTA DIDIKen_US
dc.titlePELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 ARJASAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record