dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang
disusun pendidik telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter utama yang meliputi
religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Pengintegrasian nilainilai
karakter dalam perencanaan pembelajaran terdapat pada komponen tujuan
pembelajaran sejarah, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran,
skenario pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang tercantum secara implisit
maupun eksplisit; (2) pada pelaksanaan pembelajaran sejarah, pendidik
melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter
peserta didik mulai dari karakter religius hingga gotong royong yang tercantum
pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; (3) evaluasi pembelajaran yang
digunakan mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter peserta didik yang terdiri
dari penilaian pengetahuan melalui tes lisan maupun tertulis, penilaian sikap
untuk menilai karakter peserta didik selama proses pembelajaran sejarah dan
penilaian keterampilan untuk menilai kreativitas peserta didik.
Kesimpulan hasil penelitian yakni: (1) pada perencanaan pembelajaran
yang disusun oleh pendidik berdasarkan kurikulum 2013 telah mengintegrasikan
nilai-nilai karakter secara implisit dalam RPP; (2) pelaksanaan pembelajaran
sejarah yang dilakukan oleh pendidik menerapkan langkah-langkah pembelajaran
yang dapat menumbuhkan karakter peserta didik dalam kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup; (3) evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dalam
membentuk karakter peserta didik telah dicantumkan dan dilaksanakan selama
proses pembelajaran sejarah berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti
menyarankan agar pendidik lebih baik lagi dalam menyusun RPP, melaksanakan
pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran, agar nilai-nilai karakter yang
ada pada tujuan pembelajaran sejarah dapat tersampaikan dengan baik. | en_US |