dc.description.abstract | Setiap konsumen memiliki cara yang berbeda-beda dalam memenuhi
kebutuhan dan keinginan untuk membeli produk minuman ringan (soft drink)
berdasarkan merek yang disukai. Merek merupakan salah satu alasan dari perilaku
konsumen dalam melakukan transaksi pembelian suatu produk soft drink
berdasarkan pada indikator-indikator yang ada dalam merek yaitu kesadaran
merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Merek memudahkan
dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, karena dengan adanya
merek, konsumen dapat dengan mudah membedakan produk yang akan dibelinya
dengan produk lain sehubungan dengan kualitas dan kepuasan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh yang signifikan dari variabel merek terhadap keputusan pembelian soft
drink oleh mahasiswa FKIP Universitas Jember angkatan tahun 2010. Hipotesis
yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan dari variabel merek terhadap
keputusan pembelian soft drink oleh mahasiswa FKIP Universitas Jember
angkatan tahun 2010.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah responden
peneliti menggunakan rumus Slovin sehingga didapat 91 responden, untuk
menentukan besarnya responden pada masing-masing kelompok menggunakn
proporsional random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan
metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode angket.
Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel merek mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap keputusan pembelian soft drink oleh mahasiswa FKIP
Universitas Jember angkatan tahun 2010 sebesar 80,2% dan sisanya sebesar
19,8% dijelaskan oleh variabel diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa variabel merek mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian soft drink oleh mahasiswa FKIP Universitas
Jember angkatan tahun 2010. | en_US |