Show simple item record

dc.contributor.advisorBUKHORI, Saiful
dc.contributor.advisorADNAN, Fahrobby
dc.contributor.authorRAJIHUDIN, Moch. Rifqiy
dc.date.accessioned2018-08-20T08:07:45Z
dc.date.available2018-08-20T08:07:45Z
dc.date.issued2018-08-20
dc.identifier.nim142410101056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87090
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi telah berkembang dengan pesat yaitu ditandai oleh penggunaan komputer sebagai sarana pendukung kegiatan manusia dalam melakukan aktivitas. Hampir disetiap perusahaan maupun instansi mengaplikasikan penggunaan komputer sebagai alat pendukung dalam pekerjaan yang dilakukan, hal tersebut juga dilakukan disektor instansi pemerintahan. Instansi pemerintahan juga turut mengembangkan website dalam rangka untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat serta melihat bahwa website ini memiliki prospek pengembangan yang baik untuk kedepannya. Pengguna website sangat mengharapkan tampilan layar berupa tampilan layar yang menarik, mudah digunakan dan tentunya sesuai dengan fungsinya sehingga para pengembang website harus memiliki website yang dapat digemari dan memuaskan para penggunanya. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa puas pengguna terhadap website adalah dengan melakukan pengukuran. Pengukuran ini dilakukan agar pengembang dapat mengetahui kekurangan apa saja pada website yang telah mereka bangun sebagai bahan evaluasi dalam proses pengembangan website yang dibuat demi memberikan pelayanan dan informasi yang memuaskan penggunanya. End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan metode pengukuran yang dikembangkan oleh Doll dan Torkzadeh. Metode ini menekankan kepuasan pengguna akhir terhadap aspek sistem informasi dengan menilai sisi Content, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness dari sistem informasi. Penerapan metode ini dilakukan dengan menyusun kueisioner berdasarkan variabel dan indikator yang telah disediakan oleh EUCS untuk selanjutnya disebarkan kepada para pengguna sistem informasi. Pada penelitian ini pengukuran dilakukan terhadap Sistem Informasi dan Administrasi Desa (SAID) Kabupaten Bondowoso. SAID merupakan suatu sistem berbasis website yang dikelola tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa yang beralamatkan said.bondowosokab.go.id. Tahap awal yang dilakukan pada pengukuran ini adalah menyusun dan menyebar kueisioner untuk website SAID kepada 40 responden setelah itu melakukan uji validitas dan reliabilitas yang menghasilkan semua instrumen penelitian valid dan reliabel. Tahap selanjutnya adalah melakukan analisis deskriptif menggunakan metode likert secara terurut dari yang terbesar yaitu variabel timeliness dengan persentase 80,63% dan termasuk kedalam kategori Sangat Puas, format dengan persentase 80,31% dan termasuk kedalam kategori Sangat Puas, ease of use dengan persentase 78,13% dan termasuk kedalam kategori Sangat Puas, content dengan persentase 70% dan termasuk kedalam kategori Puas, accuracy dengan persentase 49,22% dan termasuk kedalam kategori Tidak Puas. Hasil tersebut menjelaskan bahwa variabel accuracy merupakan variabel yang sangat perlu diperbaiki karena memiliki nilai persentase yang kecil dan masuk range kategori kepuasan pengguna tidak puas terhadap variabel accuracy.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAplikasi Pengukuranen_US
dc.subjectKepuasan Penggunaen_US
dc.subjectSistem Informasien_US
dc.subjectMetode End User Computing Satisfactionen_US
dc.titleAplikasi Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: SAID Bondowoso)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record