Aplikasi Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: SAID Bondowoso)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah berkembang dengan pesat yaitu
ditandai oleh penggunaan komputer sebagai sarana pendukung kegiatan manusia
dalam melakukan aktivitas. Hampir disetiap perusahaan maupun instansi
mengaplikasikan penggunaan komputer sebagai alat pendukung dalam pekerjaan
yang dilakukan, hal tersebut juga dilakukan disektor instansi pemerintahan. Instansi
pemerintahan juga turut mengembangkan website dalam rangka untuk terus
meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat serta melihat bahwa
website ini memiliki prospek pengembangan yang baik untuk kedepannya.
Pengguna website sangat mengharapkan tampilan layar berupa tampilan layar yang
menarik, mudah digunakan dan tentunya sesuai dengan fungsinya sehingga para
pengembang website harus memiliki website yang dapat digemari dan memuaskan
para penggunanya. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa puas pengguna
terhadap website adalah dengan melakukan pengukuran. Pengukuran ini dilakukan
agar pengembang dapat mengetahui kekurangan apa saja pada website yang telah
mereka bangun sebagai bahan evaluasi dalam proses pengembangan website yang
dibuat demi memberikan pelayanan dan informasi yang memuaskan penggunanya.
End User Computing Satisfaction (EUCS) merupakan metode pengukuran
yang dikembangkan oleh Doll dan Torkzadeh. Metode ini menekankan kepuasan
pengguna akhir terhadap aspek sistem informasi dengan menilai sisi Content,
Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness dari sistem informasi. Penerapan
metode ini dilakukan dengan menyusun kueisioner berdasarkan variabel dan
indikator yang telah disediakan oleh EUCS untuk selanjutnya disebarkan kepada
para pengguna sistem informasi. Pada penelitian ini pengukuran dilakukan terhadap Sistem Informasi dan Administrasi Desa (SAID) Kabupaten Bondowoso. SAID
merupakan suatu sistem berbasis website yang dikelola tim Pengelola Informasi dan
Dokumentasi (PPID) desa yang beralamatkan said.bondowosokab.go.id.
Tahap awal yang dilakukan pada pengukuran ini adalah menyusun dan
menyebar kueisioner untuk website SAID kepada 40 responden setelah itu
melakukan uji validitas dan reliabilitas yang menghasilkan semua instrumen
penelitian valid dan reliabel. Tahap selanjutnya adalah melakukan analisis
deskriptif menggunakan metode likert secara terurut dari yang terbesar yaitu
variabel timeliness dengan persentase 80,63% dan termasuk kedalam kategori
Sangat Puas, format dengan persentase 80,31% dan termasuk kedalam kategori
Sangat Puas, ease of use dengan persentase 78,13% dan termasuk kedalam kategori
Sangat Puas, content dengan persentase 70% dan termasuk kedalam kategori Puas,
accuracy dengan persentase 49,22% dan termasuk kedalam kategori Tidak Puas.
Hasil tersebut menjelaskan bahwa variabel accuracy merupakan variabel yang
sangat perlu diperbaiki karena memiliki nilai persentase yang kecil dan masuk
range kategori kepuasan pengguna tidak puas terhadap variabel accuracy.