dc.contributor.author | ANDHIKA WAHYUDIONO | |
dc.date.accessioned | 2013-12-12T15:08:33Z | |
dc.date.available | 2013-12-12T15:08:33Z | |
dc.date.issued | 2013-12-12 | |
dc.identifier.nim | NIM070210301109 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8708 | |
dc.description.abstract | Proses pembelajaran untuk siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK
PGRI 05 Jember
kurang menarik sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak
tercapai
. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode dan media konvensional
dalam pembelajaran
ekonomi. Metode yang digunakan adalah ceramah disertai tugastugas
dan media gambar sehingga pembelajaran ekonomi tidak mencapai tujuan
pembelajaran.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikaasi juga mendorong
pada perkembangan media pembelajaran yang digunakan guru. Salah satu media
pembelajaran berbasis TI adalah media blog yang dapat digunakan untuk menyajikan
materi pembelajaran dalam bentuk gambar, video dan studi kasus. Kelebihan yang
diberikan media blog juga sesuai dengan kebutuhan guru dalam menjelaskan materi
ekonomi secara lebih
uptodate. Tujuan penelitaan pengembangan ini adalah untuk
mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik media blog dalam pembelajaran
ekonomi
kompetensi dasar permintaan dan penawaran di SMK PGRI 05 Jember
.Spesifikasi produk belajar berupa manual media blog, bahan ajar dan bahan tes.
Media blog yang dikembangakan perlu diujicoba baik secara terbatas maupun
lebih luas.. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu
metode tes, metode wawancara dan metode angket. Analisis data dalam penelitian
pengembangan menggunakan t-test untuk mengetahui efektivitas media blog. Untuk
mengetahui efsiensi media blog dengan wawancara dan untuk mengetahui kemenarikan
media blog menggunakan angket.
Hasil penelitian menunjukkan media blog efektif dalam pembelajaran ekonomi
ditunjukkan nilai t-hitung > t-tabel. Hasil penelitian menunjukkan media blog efisien
dalam pembelajaran ekonomi yang ditunjukkan waktu dalam pembelajaran menjadi
singkat
. Hasil penelitian menunjukkan media blog menarik dalam pembelajaran
ekonomi yang
ditunjukkan dengan siswa menjadi termotivasi untuk mempelajari mata
pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penilaian diatas dapat disimpulkan media blog
tepat dan sesuai dalam pembelajaran ekonomi kompetensi dasar permintaan dan
penawaran untuk siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 05 Jember. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210301109; | |
dc.subject | Media blog, efektivitas, efisiensi, daya tarik, kompetensi dasar permintaan dan penawaran, SMK PGRI 05 Jember | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA BLOG PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN DAN PENAWARAN UNTUK SISWA KELAS X REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK PGRI 05 JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |