Show simple item record

dc.contributor.authorhmad Syahl an Fathony
dc.date.accessioned2013-12-12T15:04:15Z
dc.date.available2013-12-12T15:04:15Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM070210301098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8707
dc.description.abstractMinat merupakan suatu rasa lebih suka dari ketert arikan pada aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi di SM P Negeri 5 Tanggul-Jember nampak masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan sedikitnya rasa suka siswa terhadap pelajaran, partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar, perhatian siswa selama pelajaran berlangsung, dan ketekunan belajar siswa . Realita di atas menunjukkan adanya kebutuhan untuk mencari solusi guna memecahkan masalah yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan merubah model pembelajaran dari model konvensional ke model pembelajaran teknik Think Pair Share yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dari rendah menjadi tinggi. Model pembelajaran teknik Think Pair Share merupakan salah satu model pembel ajaran kooperatif sederhana. Teknik ini memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain . Teknik yang memungkinkan hanya satu siswa maju dan membagikan hasilnya untuk seluruh kelas, ternik ini memberikan kesempatan s edikitnya delapan kali lebih banyak kepada setiap siswa untuk dikenali dan menunjukkan partisipasi mereka kepada orang lain. Tujuan pokok model pembelajaran teknik Think Pair Share yaitu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar yang dap at berpengaruh terhadap minat belajar belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Tanggul-Jember tahun pela jaran 2012/2013. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran teknik Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar siswa. peningkatan minat belajar siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung dimana jumlah skor rata-rata minat belajar siwa siklus I sebesar 2,89 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 3,48 lebih tinggi bila dibandingkan pada siklus I, minat belajar siswa pada si klus II termasuk katagori tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301098;
dc.subjectTeknik Think Pair Share, Meningkatkan Minat Belajaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Teknik Think Pair Share (TPS) UntukMeningkatkan Minat Belajar Siswaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record