• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Konsepsi Alternatif Siswa Smk Tentang Rangkaian Listrik Sederhana Dalam Pembelajaran Fisika

    Thumbnail
    View/Open
    Yuni Nurrahmawati - 140210102081.pdf Sdh.pdf (5.278Mb)
    Date
    2018-08-15
    Author
    Nurrahmawati, Yuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan pengalaman dan pengamatan sehari-hari siswa, siswa memiliki konsepsi mereka sendiri pada mata pelajaran fisika yang berbeda-beda. Sebenarnya dalam pemikiran siswa sudah terdapat konsepsi-konsepsi fisika tentang berbagai hal, namun ada kalanya konsepsi itu belum terkoordinasi dengan baik. Linuwih (2013) menyatakan bahwa konsepsi yang belum sesuai dengan konsepsi ilmiah ini selanjutnya disebut dengan konsepsi alternatif. Fisika pada jenjang SMK sangat dekat kaitannya dengan dunia teknik, dimana konsep yang dimiliki oleh siswa akan dipakai ketika diterapkan dalam kenyataan sesuai bidangnya. Rangkaian listrik merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan di SMK pada pembelajaran fisika, pada penerapannya guru menggunakan pembelajaran konvensional. Pada proses pengajaran di SMK diperlukan data pendukung untuk membantu guru dalam perubahan konseptual siswa secara lebih tepat dan efektif dengan alokasi waktu pada pembelajaran fisika di SMK. Oleh sebab itu perlu adanya suatu pengukuran konsepsi alternatif untuk siswa SMK sehingga dapat memudahkan guru dalam menentukan pembelajaran yang sesuai dengan konsepsi alternatif yang dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keberadaaan letak konsepsi alternatif siswa SMK tentang rangkaian listrik sederhana. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, angket, dan wawancara. Instrumen tes adalah dua puluh soal pilihan ganda dua tahap tentang rangkaian listrik sederhana.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87062
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository