Show simple item record

dc.contributor.authorSutik Susmiati
dc.date.accessioned2013-12-12T14:46:35Z
dc.date.available2013-12-12T14:46:35Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210402043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8702
dc.description.abstractBahasa memegang peranan penting sebagai salah satu alat yang dipergunakan dalam setiap komunikasi. Komunikasi dengan bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan, saling belajar, dan mengungkapkan segala sesuatu yang ingin dikemukakannya. Ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan masyarakat, manusia tidak pernah lepas dari penggunaan bahasa lisan berupa tindak tutur, karena itu tindak tutur merupakan bagian yang sangat penting dalam berkomunikasi. Salah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji secara pragmatik adalah peristiwa berbahasa antara guru dengan siswa dalam interaksi belajar di sekolah. Interaksi belajar-mengajar adalah proses komunikasi antar guru dengan siswa dalam ikatan tujuan pendidikan, yaitu proses siswa belajar dan guru mengajar. Keberadaan tindak tutur guru dalam interaksi belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, merangsang perubahan tingkah laku dan memberikan pengalaman berbahasa bagi siswa. Penelitian ini mengkaji tentang tindak tutur ekspresif guru terhadap siswa yang terjadi selama pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) apa sajakah fungsi tindak tutur ekspresif guru terhadap siswa selama pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung?; (2) apa sajakah modus tindak tutur ekspresif yang digunakan guru selama pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung?; (3) bagaimanakah perlokusi yang ditimbulkan oleh tindak tutur ekspresif guru terhadap siswa? Rancangan dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur yang diindikasikan sebagai tindak tutur ekspresif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 7 Jember dan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Jember. Teknik pengumpulan data yaitu teknik simak catat dan teknik rekam. Teknik analisis data terdiri atas tiga proses kegiatan yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil dalam penelitan ini ditemukan fungsi tindak tutur ekspresif guru antara lain: fungsi sapaan, fungsi mengungkapkan rasa marah, fungsi menegur, fungsi menyindir, fungsi mengeluh, fungsi menyalahkan, fungsi mengkritik, fungsi mencurigai, fungsi memuji, fungsi mengucapkan selamat, fungsi mengucapkan terima kasih, fungsi mengungkapkan kekecewaan. Ditemukan modus tindak tutur ekspresif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan 6 modus antara lain: modus deklaratif, modus optatif, modus imperatif, modus interogatif, modus obligatif, dan modus desiratif. Ditemukan perlokusi yang ditimbullkan oleh tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan 6 efek perlokusi, antara lain: efek menyenangkan mitra tutur, bersemangat, takut dan jera, mempermalukan mitra tutur, meminta maaf, dan membuat mitra tutur tahu bahwa. Saran dalam penelitian ini: (1) Bagi mahasiswa PBSI, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan penambahan diskusi dalam tindak tutur khususnya dan bidang pragmatik pada umumnya, (2) bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia, diharapkan dapat mengajarkan pemakaian bahasa sesuai dengan konteks dan kaidah bahasa yang baik dan benar, sehingga dapat menciptakan suasana interaksi belajar mengajar yang informatif dan komunikatif. Penggunaan tindak tutur yang tepat perlu dilakukan agar menimbulkan efek yang positif pada siswa, serta memberikan pengalaman berbahasa yang baik pada siswa; (3) bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan acuan untuk mencermati gejala lain yang berkaitan dengan kajian pragmatik khususnya tindak tutur dengan teori atau metode lain yang lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402043;
dc.subjectTindak Tutur Ekspresif Guru, Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia,Kelas VIII SMP Negeri 7 Jemberen_US
dc.titleTINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 7 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record