Show simple item record

dc.contributor.authorReni Titi Habsari
dc.date.accessioned2013-12-12T14:27:15Z
dc.date.available2013-12-12T14:27:15Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210402045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8697
dc.description.abstractDiksi pada iklan merupakan diksi yang bersifat persuasif karena digunakan untuk membujuk khalayak agar bertindak sesuai penyampai pesan. Agar iklan yang ditawarkan mampu menarik minat khalayak maka diksi yang digunakan disusun sedemikian rupa sehingga dapat dianalisis dari segi kriteria pemilihan diksi, fungsi iklan, perubahan makna, dan gaya bahasa. Penggunaan diksi pada iklan dapat dijadikan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran serta dapat mencerdaskan dan mendidik khalayak sasaran. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini mengambil diksi pada iklan sebagai objek penelitian. Diksi pada iklan yang diambil pada penelitian ini difokuskan pada bagian iklan yakni judul iklan, sub judul iklan, dan closer. Kajian pada penelitian ini terdiri atas empat rumusan masalah, yaitu tentang (1) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari kriteria pemilihan diksi, (2) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari fungsi iklan, (3) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari perubahan makna, dan (4) diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari kriteria gaya bahasa. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari kriteria pemilihan diksi, (2) mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari fungsi iklan, (3) mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari perubahan makna, dan (4) mendiskripsikan diksi pada iklan di majalah Cita Cinta edisi 2010 ditinjau dari gaya bahasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data dilakukan dengan teknik dokumentasi data kemudian diadakan pengamatan. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan pada iklan majalah Cita Cinta edisi 2010 berdasarkan kriteria pemilihan diksi meliputi ketepatan, ketidaktepatan, kecermatan, ketidakcermatan, keserasian, dan ketidakserasian. Berdasarkan fungsi iklan meliputi fungsi informasi dan fungsi persuasi. Berdasarkan perubahan makna meliputi perluasan makna dan ameliorasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang digunakan pada iklan majalah Cita Cinta edisi 2010 meliputi gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan. Berdasarkan gaya bahasa perbandingan meliputi gaya bahasa perbandingan atau simile dan personifikasi. Berdasarkan gaya bahasa pertentangan meliputi gaya bahasa hiperbola, paradoks, dan klimaks. Berdasarkan gaya bahasa pertautan meliputi gaya bahasa metonimia. Berdasarkan gaya bahasa perulangan meliputi gaya bahasa repetisi dan asonansi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran sebagai berikut (1) bagi pembaca mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, diharapkan apabila hendak mengungkapkan ide atau gagasan menggunakan pilihan kata yang tepat, cermat,dan serasi agar tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda, (2) bagi guru SMP yang mengajar bahasa Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai materi alternatif pembelajaran untuk mengajarkan pilihan kata dan diharapkan lebih memanfaatkan iklan sebagai materi autentik dalam proses pembelajaran, (3) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan apabila ingin mengadakan penelitian sejenis yang lebih luas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402045;
dc.subjectDiksi, Gaya Bahasa, Iklan Majalah Cita Cintaen_US
dc.subjectDIKSI, GAYA BAHASA, IKLAN MAJALAH CITA CINTAen_US
dc.titleDIKSI DAN GAYA BAHASA PADA IKLAN MAJALAH CITA CINTA EDISI 2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record