Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorMUTROFIN
dc.contributor.authorMA'RUFAH, Diniyatul
dc.date.accessioned2018-08-08T03:29:00Z
dc.date.available2018-08-08T03:29:00Z
dc.date.issued2018-08-08
dc.identifier.nim140210204110
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86977
dc.description.abstractRendahnya kemampuan matematika siswa dapat dilihat dari penguasaan materi yang telah dipelajari. Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal dapat menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui siswa dalam menguasai materi. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kesalahan secara mendetail untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yang nantinya berguna untuk mencari solusi penyelesaiannya. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apa saja jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal luas dan keliling segiempat berdasarkan kategori Watson siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember?; 2) berapa persentase setiap jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal luas dan keliling segiempat berdasarkan kategori Watson siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember?; 3) apa penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal luas dan keliling segiempat berdasarkan kategori Watson siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember?. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, penelitian ini bertujuan untuk: 1) menelaah jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal luas dan keliling segiempat berdasarkan kategori Watson pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember, 2) menelaah persentase kesalahan dalam menyelesaikan soal luas dan keliling segiempat berdasarkan kategori Watson siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember, 3) menelaah penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal luas dan keliling segiempat berdasarkan kategori Watson siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 16-18 April 2018. Responden penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Jember dengan jumlah 37 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tujuh kategori kesalahan menurut Watson yaitu: analisis data menunjukkan 3,3% siswa melakukan kesalahan data tidak tepat (inappropriate/id), 18,3% siswa melakukan kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate procedur/ip), 2,5% siswa melakukan kesalahan data hilang (omitted data/od), 35% siswa melakukan kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclution/oc), 10,38% siswa melakukan kesalahan konflik level respon (response level conflict/rlc), 19,16% siswa melakukan kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), 10,38% siswa melakukan kesalahan masalah hirarki keterampilan (skill hierarchy problem/shp). Penyebab siswa melakukan tujuh kategori kesalahan menurut Watson adalah kurang paham konsep luas dan keliling segiempat, kurang memahami permasalahan pada soal, lupa menuliskan kesimpulan, dan mengerjakan sebisanya. Saran yang dapat diberikan bagi siswa yang melakukan kesalahan sebaiknya siswa lebih dipahami lagi konsep luas dan keliling segiempat, banyak berlatih mengerjakan soal luas dan keliling segiempat, dibiasakan menuliskan kesimpulan, dipahami lagi permasalahan dalam soal, dan mengecek kembali jawabannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAnalisis Kesalahanen_US
dc.subjectSekolah Dasaren_US
dc.subjectPenyelesaian soalen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Penyelesaian Soal Luas dan Keliling Segiempat Berdasarkan Kategori Watson pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 1 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record