• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    GAYA BAHASA METAFORA DALAM ACARA “RAJA GOMBAL” TRANS7 SEBAGAI PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA KELAS XII

    Thumbnail
    View/Open
    NUNGKI ARIMBI - 080210402015 (2)_1.pdf (994.6Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Nungki Arimbi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Acara “Raja Gombal” adalah salah satu acara hiburan yang berisi tentang hal-hal yang bersifat rayuan. Hal tersebut yang dijadikan dasar pemilihan acara “Raja Gombal” sebagai objek penelitian. Dalam kehidupan nyata seorang wanita sangat bahagia apabila seorang pria menyatakan sebuah pujian kepadanya. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan menggunakan kajian gaya bahasa metafora dan untuk menarik perhatian dari lawan jenis dalam kajian ini digunakan teknik wacana persuasi. Metafora yang dijadikan objek penelitian adalah jenis, bentuk dan maknanya. Gaya bahasa metafora adalah gaya bahasa kias yang paling banyak digunakan dalam kegiatan komunikasi yang berhubungan dengan kategori publik, termasuk dalam merayu. Gaya bahasa metafora dalam acara “Raja Gombal” dapat dijadikan sebagai pengembangan materi pembelajaran menulis di SMA khususnya menulis gaya bahasa metafora. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk gaya bahasa metafora yang digunakan dalam tuturan peserta “Raja Gombal” di TRANS7 dalam menyampaikan rayuanya?; (2) Bagaimanakah jenis-jenis gaya bahasa metafora yang digunakan peserta “Raja Gombal” di TRANS7,dalam menyampaikan rayuanya?; (3) Bagaimanakah makna gaya bahasa metafora yang terdapat dalam “Raja Gombal” di TRANS7 dalam menyampaikan rayuanya?; (4) Bagaimanakah pemanfaatan gaya bahasa metafora dalam pembelajaran wacana persuasi sebagai pengembangan materi pembelajaran menulis di SMA kelas XII?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan permasalahan dalam rumusan masalah. Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa dan kalimat. Sumber data dari penelitian ini adalah acara “Raja Gombal” di TRANS7 yaitu pada tanggal 18 Februari sampai 24 Maret 2012. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik rekam. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Instrumen pengumpul dan analisis data adalah peneliti sendiri. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. vii Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa metafora yang digunakan dalam acara “Raja Gombal”, yang dalam hal ini adalah tuturan yang bersifat rayuan yang disampaikan oleh peserta, berbentuk: 1) kata, yang mencakup kelas kata benda (nomina),dan kata sifat (adjektiva); 2) frasa, yakni yang berupa frasa nominal; 3) kalimat, yakni kalimat penyataan (Deklaratif) dan kalimat perintah (Imperatif). Berdasarkan pengkategorian Haley, jenis gaya bahasa metafora yang digunakan dalam acara “Raja Gombal” adalah being, energetic, object, animate dan human. Makna yang diungkapkan dalam gaya bahasa metafora dapat dikelompokkan menjadi lima kelompok makna, yaitu: 1) makna yang mengungkapkan konsep abstrak; 2) makna yang mengungkapkan pengalaman manusiawi; 3) makna yang mengungkapkan pengkarakteran; 4) makna keindahan dan 5) makna kecantikan. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan materi pembelajaran menulis di SMA, yaitu pada materi menggunakan ungkapan-ungkapan yang menarik dalam menulis gaya bahasa metafora. Kesimpulan dari paparan hasil penelitian dan pembahasan mengenai gaya bahasa metafora dalam acara “Raja Gombal” di TRANS7 adalah untuk menarik perhatian dari lawan jenis yaitu sifatnya memberikan pujian tujuanya agar lawan jenis merasakan senang dan tertarik kepadanya sehingga lawan jenis dapat timbul rasa percaya diri dari dirinya. Kajian gaya bahasa metafora dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan materi pembelajaran menulis di SMA, khususnya menulis gaya bahasa metafora. Saran yang diberikan:1) Bagi guru Bahasa Indonesia, agar dapat memanfaatkan hasil penelitian sebagai pengayaan materi menulis, 2) Bagi peneliti lain, agar dapat melacak jenis metafora berdasarkan landasan teori yang berbeda, 3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengatahuan penulis dalam menulis gaya bahasa metafora.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8694
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13114]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta