Show simple item record

dc.contributor.advisorUmamah, Nurul
dc.contributor.advisorSumarno
dc.contributor.authorHARTONO, Fernanda Prasky
dc.date.accessioned2018-08-01T08:39:29Z
dc.date.available2018-08-01T08:39:29Z
dc.date.issued2018-08-01
dc.identifier.nim140210302054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86904
dc.description.abstractSistem pembelajaraan saat ini mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik atau sering disebut dengan student centered learning. Penerapan student centered learning salah satunya diwujudkan dalam bentuk keterlibatan peserta didik atau disebut student engagement. Student engagement memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar peserta didik dan kualitas pendidikan. Penelitian ini akan berfokus pada mata pelajaran sejarah yang memiliki beberapa permasalaha berkaitan dengan student engagement. Berdasarkan penelitian sebelumnya ditemukan bahwa pembelajaran sejarah di beberapa SMA Negeri Jember masih belum bisa membuat peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran dan mencapai hasil belajar sejarah yang diinginkan. Berdasarkan rekomendasi dari penelitian-penelitian terdahulu, upaya untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat student engagement perlu dilakukan. Selain faktor-faktor yang mempengaruhi, karakteristik peserta didik juga mempunyai dampak bagi student engagement. Penelitian mengenai student engagement berdasarkan karakteristik jenis kelamin dan kelas belum banyak ditemukan di Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana tingkat student engagement pada mata pelajaran sejarah peserta didik jenjang SMA Negeri se eks kotatif Jember; (2) bagaimana perbandingan tingkat student engagement berdasarkan jenis kelamin dan kelas pada mata pelajaran sejarah peserta didik jenjang SMA Negeri se eks kotatif Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparasi dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Teori student engagement yang digunakan adalah teori dari Fredricks, Blumenfeld, dan Parisen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStudent Engagementen_US
dc.subjectJenis Kelaminen_US
dc.subjectPelajaran Sejarahen_US
dc.subjectStudent Centered Learningen_US
dc.titleTingkat Student Engagement Berdasarkan Jenis Kelamin dan Kelas pada Mata Pelajaran Sejarah Peserta Didik Jenjang SMA Negeri Se Eks Kotatif Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record