Analisis Norma Sosiomatematik Dalam Model Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Statistika
Abstract
Pendidikan di era modern ini memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek terutama dalam kehidupan manusia. Pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah melainkan setiap tempat juga dapat dijadikan sebagai sumber pendidikan. Pembelajaran matematika merupakan salah satu kegiatan yag bertujuan untuk mencapai tujuan dari pendidikan nasional. Pembelajaran matematika dapat diterima sebagai suatu aktivitas sosial di dalam kelas. Interaksi sosial bertujuan untuk menjaga keharmonidan komunikasi di dalam kelas sehingga sangat diperlukan suatu norma yang berlaku di dalam kelas. Norma sosial berperan penting dalam berinteraksi antar siswa dan untuk mendukung berjalannya diskusi antar siswa. Norma sosial yang berlaku di dalam kelas pada saat pembelajaran matematika yaitu norma sosiomatematik. Pengembangan norma sosiomatematik ini perlu ditindak lanjuti dalam pembelajaran matematika di semua jenjang pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Hal ini dikarenakan keberagaman karakter dan potensi dari siswa yang ada di Indonesia, sehingga nantinya dapat diperoleh suatu hasil permasalahan yang mampu diterima oleh keberagaman karakter para siswa. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pembelajaran matematika guru perlu mengimplementasikan suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan berkolaborasi sehingga suasana pembelajaran menjadi interaktif. Hal ini dikarenakan pembelajaran kolaboratif dapat memaksimalkan terjadinya interaksi sosial aktar siswa dan siswa mampu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan keterampilan sosialnya di dalam suatu pembelajaran