Show simple item record

dc.contributor.advisorHerawati, Yennike Tri
dc.contributor.advisorSandra, Christyana
dc.contributor.authorSilviana, Risma
dc.date.accessioned2018-07-31T02:01:32Z
dc.date.available2018-07-31T02:01:32Z
dc.date.issued2018-07-31
dc.identifier.nim132110101203
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86768
dc.description.abstractPembangunan kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional maka pemerintah sebagai institusi tertinggi yang bertanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan harus memenuhi kewajiban dalam penyediaan sarana pelayanan kesehatan. Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang mengamanatkan bahwa jaminan sosial wajib bagi seluruh penduduk termasuk JKN melalui suatu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). RSU Kaliwates Jember mengalami keterlambatan pengajuan klaim BPJS kesehatan. Kurang berperannya Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dan perawat dalam melengkapi dokumen klaim, dan tidak lengkapnya dokumen bukti pelayanan sehingga mengakibatkan lambatnya penyerahan dokumen klaim dari ruang perawatan ke petugas ruang medik dan kepada petugas klaim BPJS Kesehatan. Berdasarkan data kunjungan pasien rawat jalan diantaranya 12% pada bulan Juni 2016, 9% pada bulan Juli 2016, dan 10% pada bulan Agustus 2016 yang mengalami keterlambatan berkas klaim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan berkas klaim Rawat Jalan BPJS Kesehatan di RSU Kaliwates Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Responden pada penelitian ini adalah Bagian pendaftaran, dan verifikator. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan penyajian data berbentuk tabel dan textular Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana proses pengelolaan berkas klaim rawat jalan BPJS Kesehatan di RSU Kaliwates Jember. Kegiatan proses ini meliputi pelayanan, pengolahan berkas, coding dan pengajuan klaim pada verifikator BPJS kesehatan. Pada proses pelayanan, pasien peserta BPJS rawat jalan harus memenuhi dokumen yang terdiri dari identitas pasien BPJS dan surat rujukan. Masalah yang sering terjadi dalam proses pelayanan adalah petugas tidak lengkap mengisi dokumen pasien. Pada proses pengolahan data, berkas dari pasien diperiksa kelengkapan berkasnya serta diperiksa kesesuaian Lembar Bukti Pelayanan (LBP) dengan billing. Apabila sudah lengkap dan sesuai berkas tersebut akan di coding, namun apabila masih terdapat kesalahan berkas tersebut direvisi kembali. Petugas pendaftaran atau perawat poli sering tidak mengisi data pasien dengan lengkap. Pada saat Coding, masalah yang sering ditemui dalam coding adalah petugas dan computer yang digunakan untuk mengkoding belum memenuhi syarat hanya terdiri dari 1 petugas dan 1 komputer, hal itu menyebabkan proses pengkodingan menjadi lama dan petugas coding terhambat dalam mengkoding. Selanjutnya adalah petugas, kendala yang sering ditemui dalam proses verifikasi adalah masih adanya berkas yang tidak terisi oleh petugas poli atau rekam medik sehingga menambah pekerjaan bagi petugas verifikasi. Output pengelolaan berkas klaim rawat jalan BPJS Kesehatan di RSU Kaliwates Jember meliputi ketepatan dalam melakukan klaim BPJS. Berkas klaim diajukan setiap tanggal 10 bulan berikutnya. Berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan oleh BPJS kesehatan kepada verifikator dengan memberikan tenggang waktu 2 hari untuk revisi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengelolaan berkas klaim pasien rawat jalan mengalami keterlambatan dikarenakan minimnya petugas verifikator, dan petugas poli tidak lengkap dalam dalam melakukan pengisian berkas. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi pihak Rumah Sakit Kaliwates menambah jumlah petugas verifikator, meningkatkan kinerja petugas poli serta memberikan ruang kerja yang nyaman kepada verifikator.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectklaim rawat jalan BPJS kesehatanen_US
dc.subjectRumah Sakit Umum Kaliwatesen_US
dc.subjectSistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)en_US
dc.subjectDokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP)en_US
dc.titleGambaran pengelolaan berkas klaim rawat jalan BPJS kesehatan di Rumah Sakit Umum Kaliwates Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record