| dc.description.abstract | Masa usia dini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan anak, terutama kemampuan agama dan moral. Penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya, jika hal itu telah tertanam serta terpatri  dengan  baik  sejak  dini,  maka  akan  menjadi  awal  yang  baik  bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Penanaman nilai agama dan moral di Taman Kanak-kanak tidak lepas dari peran seorang guru. Guru  memiliki  peran  yang  sangat  penting,  guru  harus  mampu  menerapkan berbagai  metode  dan  strategi  belajar  yang  dapat  membuat  anak-anak  tertarik untuk mengenal nilai-nilai agama dan moral. Berdasarkan hasil observasi di TK Khadijah 57 Sumberberas kegiatan penanaman nilai-nilai agama dan moral sudah dilaksanakan, seperti kegiatan praktek sholat berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan,  menghafal surat  pendek  dan doa-doa, pembiasaan berbicara sopan, melatih anak beramal, dan sebagainya. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimanakah peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak kelompok B di Taman Kanak- kanak Khadijah 57 Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Khadijah 57 Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok B3 di TK Khadijah  57  Sumberberas  Kecamatan  Muncar,  Banyuwangi  Tahun  Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun  teknik  analisis  data  menggunakan  teknik  analisis  model  interaktif menurut Miles dan Huberman (dalam Idrus, 2009:148) yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak kelompok B3 di TK Khadijah 57 Sumberberas. Penyajian data dalam bentuk teks naratif tentang peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak kelompok B3 di TK Khadijah 57, dan penarikan kesimpulan tentang bagaimana peranan guru dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  peranan  guru  dalam  penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak kelompok B3 yang dilakukan di TK Khadijah 57 meliputi: peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, dan peran guru sebagai teladan. Hasil observasi tentang peran guru dalam penanaman nilai agama dan moral pada anak, hampir di setiap pertemuan guru dan anak mendapatkan capaian penilaian yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil checklist skor peran guru yang hampir mendapatkan skor 5 seluruhnya pada pertemuan keempat  (guru melakukannya dengan baik). Hasil checklist tentang peranan guru diperkuat lagi dengan hasil observasi sikap anak dalam beberapa pertemuan yang menunjukkan bahwa perkembangan agama dan moral (sikap religius, sopan santun, tanggung jawab) anak di TK Khadijah 57 rata-rata mendapatkan capaian penilaian yang baik.
Guru diharapkan lebih meningkatkan peranannya dalam penanaman nilai- nilai agama dan  moral anak,  seperti memberikan arahan dan bimbingan serta didikan kepada anak dengan terus memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan  agar  anak  selalu  senang,  dan  memberikan  motivasi agar  anak semangat belajar. | en_US |