Show simple item record

dc.contributor.advisorJulianto, Didik Eko
dc.contributor.advisorWahjuni, Sri
dc.contributor.authorNingsih, Siska Ledya
dc.date.accessioned2018-07-30T06:53:52Z
dc.date.available2018-07-30T06:53:52Z
dc.date.issued2018-07-30
dc.identifier.nimNIM140910202033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86730
dc.description.abstractPemasaran online adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan media internet. Diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar pemasaran online terlaksana dengan baik. Strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis di dalam mencapai sasaran yang di dalamnya tercantum keputusan- keputusan mengenai target pasar, penempatan produk, bauran pemasaran, serta tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Sebelum menyusun strategi pemasaran perlu dilakukan analisis pasar terlebih dahulu. Ada empat aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis pasar yaitu change, competitor, customer, dan company (lanskap bisnis 4C). Lanskap bisnis yang dikenal dengan sebutan 4C diamond yaitu company, customer, competitor, change, berubah menjadi 5C global sphere, dimana C yang kelima adalah connect. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan implementasi strategi pemasaran online produk handicraft pada IKM Sakacraft di Griya Mangli, Jember. Penelitian ini dilakukan pada IKM Sakacraft pada bulan Februari sampai bulan Maret 2018. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yang didasarkan pada paradigma kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran online yang terjadi di perusahaan. Penentuan informan didasarkan melalui purposive method yang artinya peneliti memilih informan menurut kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan kepada objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Analisis domain adalah analisis yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran objek penelitian secara umum atau ditingkat permukaan, namun relatif utuh tentang objek penelitian tersebut. Sedangkan analisis taksonomi adalah analisis yang terfokus pada domain-domain tertentu, kemudian memilih domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci yang umumnya merupakan rumpun yang memiliki kesamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IKM Sakacraft melakukan Strategi pemasaran online yang dilakukan meliputi, penggunaan marketplace sebagai sarana transaksi penjualan produk, mengetahui keinginan konsumen melalui review pelanggan, menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang ada, dan menghubungkan 4C lanskap bisnis secara online melalui internet.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140910202033;
dc.subjectPemasaran Onlineen_US
dc.subjectProduk Handicraften_US
dc.subjectIKM Sakacraften_US
dc.titleImplementasi Strategi Pemasaran Online Produk Handicraft pada IKM Sakacraft di Griya Mangli, Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record